Awal Mei 

Jiaaaahhh……….memang bener sih, semua kalimat tanya diatas itu aku alami setelah dokter mendiagnosis aku terkena chondrosarcoma (kanker tulang rawan).
Bingung? pastilah…….
Gak percaya? itu juga…….
Sedih?
Panik?
Takut ??
Just name it………jawabnya pasti iyaa……

Kenapa sih baru ketauan sekarang?
karena dokter bilang sebenarnya si chondrosarcoma ini dah sejak 5 tahun yang lalu, dan dia masih “tidur”.
Terus…….ada pemicunya , siapa lagi biang keladinya kalau bukan stress.

Yups…betul banget.
Stress itu adalah penyebab semua penyakit, dan kebetulan stress yang aku alami ini adalah sebagai pemicu si kanker.
Aku memang merasakan stress malah mungkin sudah menjadi depresi beberapa bulan terakhir ini .
Biasalah, kehidupan dan impian yang dijalani tidak sesuai harapan.
Padahal khan sebelumnya juga dah diwanti wanti, bicara pada diri sendiri “jangan stress, jangan stress”
EEEhh………tapi, akhirnya kejadian juga deh,
si stress gak bisa dikontrol lagi,
malah jadi biang kerok utama kemunculan si kanker ini,
si stress inilah yang bangunin macan tidur kanker didalam tubuhku.

Ya sudah lah…………
Sekarang, terima saja apa adanya, kalau memang aku kanker…….
lantas bagaimana cara menghadapinya, menanganinya dan mengobatinya juga perlu menyiapkan keluarga inti dan keluarga besar nih agar bersama samaku mulai menabuh genderang perang pada si kanker ini.
Yuuukk…….siapin senjata buat melawannya !!!!

Pertama tama, pastinya harus mulai merobah sikap hidup,
sedangkan pola makanku dan gaya hidupku gak ada yang perlu dirobah,
dokter juga bilang kalau gaya hidup dan pola makanku sangat bagus sekali.

Aku pastinya gak pernah begadang sudah hampir 20tahun lebih,
aku juga kebetulan seorang flexitarian, lebih banyak makan buah dan sayur,
daging merah atau ayam sekalipun, kalau gak mepeeet bener, dah gak ada lagi makanan lain, baru deh aku makan itu.

Pastinya untuk mengubah sesuatu yang sudah aku jalani hampir seluruh hidupku, gak gampang.
Perlu perjuangan yang terus menerus dan hasilnya juga belum tentu maksimal.
Tapi khan harus diusahakan dengan semangat dan sepenuh tenaga ( walaupun sering juga sih rasanya dah gak punya energi lagi) hiks….

Salam

Advertisements

About fadecancer

I'm cancer survivor

4 responses »

  1. applausr says:

    ayo Bunda harus tetap semangat… apapun penyakitnya kalau kita semangat pasti bisa sembuh kok… maju terus…

    terimakasih banyak Rom utk support nya … 🙂
    insyaAllah, bunda akan terus berusaha dan pantang menyerah . 😛
    salam

  2. usagi says:

    semangatttttttt
    you are my queen

    mamih pasti, harus en kudu semangat nak ….. 🙂
    *peluuuuk*
    salam

    • LJ says:

      inilah mamih yang kami cinta…
      soal keberanian menghadapi ujian, Inon dan emak kalah jauuhh..!


      wedew…eMak khan paling pinter banget deh ngasih mamih semangat terus menerus dan gak bosan2…. 🙂
      makasih banyaaaak ya Makku sayang …
      salam

      • usagi says:

        karena inon sama emak itu sebenarnya rapuh..
        apalagi inon cupu banget deh

        jiahahahaa….gak ada yang boleh rapuh sayangku……….
        kita semua harus kuat dan izin Allah swt yang bantu kita semua ,setuju khan nak? 🙂
        salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s