16 Mei 

Tanggal ini tadinya gak ada rencana mau ke dokter lagi untuk cek.
Karena hari ini aku sudah mulai juga mengkonsumsi herbal untuk kanker, obat yang sama dengan yang diminum oleh Teppy ( masih ingat khan? adik kelasku sewaktu SMA yang didiagnosis kanker rahim stadium 4).

Nah, kemarin itu sempat ngobrol sih dengan Ida, teman yang dulu pertama kali mengajak untuk sesegera mungkin cek ke RSCM.
Dan, Ida bilang minta ditemani besok.

Begitu sampai di RSCM, Ida malah bilang; kenapa gak sekalian aja di cek perkembangan kankernya, mumpung sedang di RSCM.
Jadi, aku akhirnya didaftarkan juga oleh Ida.
Begitu selesai melakukan segala tetek bengek dan waktunya menghadap dokter, deg deg an juga nih jantung……
Jangan jangan…………
(hiiiiiii………….serem juga ngebayanginnya)

Dokter : Bu, kenapa begini? stress lagi yaaa….

Aku : memang kenapa dok? apa ada yang salah?

Dokter : Saya gak suka nih baca hasilnya……..stadium Ibu kenapa bisa naik?
Tapi, gak apa apa kok Bu, kami siap membantu dengan pengobatan apapun yang bisa menyembuhkan Ibu.

Aku : saya sekarang sedang meminum herbal Dok, dan saya yakin akan khasiatnya pada tubuh saya.

Dokter : Iya…………tapi khan gak ada salahnya ibu juga berobat secara medis,
chondrosarcoma ini memang lamban perkembangannya ,
tapi kalau Ibu terus menerus stress ,
kanker ini seperti diberi makan, dia akan berkembang dengan cepat.
Dan, memang pengobatan yang paling tepat secara medis untuk kasus Ibu ini adalah pembedahan.

Aku : Duh, dok…kalau bisa saya tidak ingin diamputasi, karena toh tidak menjamin saya bisa tuntas terbebas dari kanker ini.

Dokter : Saya hanya bisa menyarankan, tidak bisa memaksa Ibu, namun begitu patut juga Ibu pikirkan.

Aku : Baik dok, terimakasih banyak………..

Apakah aku harus memilih untuk diamputasi?
TIDAK…………….itu jawaban yang pasti.
Bukan karena aku takut untuk diamputasi, bukan………
Tapi, aku yakin bahwa pembedahan tidak akan segera menyelesaikan masalah kanker ini,
apalagi sekarang dia sudah naik stadiumnya ( makin bikin aku menghindar jauh tentunya dari pembedahan).

Nah, karena sekarang stadium si kankerku naik kelas, maka aku harus lebih banyak lagi menata hati dan pikiran,
aku harus benar benar menghindari sama sekali apa yang namanya stress.
Hati dan pikiran harus tetap fokus pada semangat untuk sembuh.
Masalah masalah yang masih terus ada dan belum tuntas.

Unfinished business yang menderaku bertubi tubi masih terus menghantui hari hariku,
menguras habis seluruh energi dan rasa sabar yang makin diuji,
seiring dengan rasa bosan, jenuh, dan ketidakmengertian yang makin menyesakkan…..
hedeh hedeh……begini rupanya kalau terus menerus didera dan digempur non stop dari berbagai sudut.
memang sebaiknya sesegera mungkin disingkirkan…….

Duh Gusti Allah Yang Maha Mendengar doa hambaNYA,
tolong beri aku kekuatan dari sisiMU dan ringankanlah bebanku, aamiin.
Karena aku tahu sesungguhnya KAU hanya memberikan cobaan atau ujian sesuai dengan kekuatan hambaMU…….

Salam

About fadecancer

I'm cancer survivor

3 responses »

  1. usagi says:

    jangan sutrisna bachir ya bowww
    di baca dong tulisan inon yang sutrisna itu ,,
    ayo semangat sayang ku,,
    you are my queen
    you are my darling
    you are my everything


    hahahaaaa….iya nih, gara gara si sutrisna
    jadi aja si kanker hepi hepi berkembang biak sak enake dewek ….huuuh !! 👿
    salam

  2. LJ says:

    Mamih, medan perangnya panglima beda dengan prajurit kecil.
    kita dihadirkan di dunia untuk menjadi pejuang,

    aku belajar berani darimu, mam..

    gitu ya Mak?
    semoga mamih masih diberi kemampuan utk ikhtiar oleh Allah swt

    hhihihi….eMak mah bisaaa ajah bikin mamih ge er….. 😀 😀
    salam

  3. fitrimelinda says:

    amiin…*turut mengamini do’anya bund*

    bunda jangan stress-stress ya.. *hugs*

    terimakasih banyak Cupid sayang
    insyaAllah gak stress lagi deh…. *kiss n hugss*
    salam

Leave a Reply

