Ini istilah yang aku gunakan untuk mengatasi rasa sakit disekujur badan,
ketika si kanker menyerang dengan gaya serangan yang beraneka ragam.
Mulai dari rasa seperti diiris iris, ditarik tarik, dihentakkan tiba tiba atau juga seperti diremas remas ( aku seringnya sih,  bilangnya rasa ngegeremet).
Dan, rasa sakit ini gak kenal waktu.
Tapi paling sering aku rasakan ketika malam hari, waktu tidur.
Ketika mata mulai mengantuk, aku tertidur, dan bisa sontak mendadak terbangun karena rasa sakit yang mendadak datang.

Dulu, pertama kali aku rasakan, benar benar gak tahan.
Aku cuma bisa menangis dan menangis sambil mengepalkan tangan.
Aku pernah menanyakan hal ini pada dokterku, dan beliau bilang,
kalau saat malam hari itu tubuh kita sedang bekerja meregenerasi sel dan si kanker ini akan berlomba lomba berebutan dengan sel sel yang ‘baik’, makanya aku merasakan kesakitan yang luar biasa itu ketika waktu istirahat malam hari.
Hampir sepanjang malam, hingga pagi aku terus menerus mengerang menahankan rasa sakit yang luar biasa ini,
bahkan aku sempat juga pingsan berkali kali (rrruuuuaaaaaaarr biasa khan sakitnya??)……………………….

Namun begitu, ada hikmah yang aku dapatkan dari kesakitan setiap malam ini.
Yaitu, aku jadi bisa selalu melaksanakan sholat tahajjud,
yang sebelumnya aku kerjakan kapan sempat saja (kalau kebetulan aku terbangun).
Nah, si kanker ini sekarang setiap malam membangunkanku,
dan aku gunakan kesempatan terbangun ditengah malam ini untuk bermesraan dengan Sang Khalik.
Jadi, aku yakin memang selalu ada hikmah ditiap kejadian.
Allah swt memang Maha Penyayang dan Maha Mengetahui kebutuhan hambaNYA.

Dan, aku sempat konsultasi dengan psikiaterku, beliau mengajariku cara penafasan yoga,
yang ternyata memang sangat ampuh untuk mengurangi rasa sakit yang selalu aku rasakan setiap saat.
Sambil melakukan pernafasan yoga ini, aku juga diajari untuk visualisasi,
yaitu semacam bayangan yang kita ciptakan dipikiran kita sendiri tentang sesuatu yang membuat kita merasa nyaman.

Ketika itu psikiaterku menyarankan untuk membayangkan (visualisasi) seolah air mengalir dengan tenang,
atau sebuah padang rumput hijau yang luas dan tertiup angin sepoi sepoi,
atau sebuah lilin yang bercahaya diruangan yang tenang,
atau sebuah jalan lurus yang dikiri kanannya banyak pepohonan hijau dengan angin yang berdesir.
Aku memilih yang terakhir………………………..

Pada awalnya memang tidak mudah, ketika sedang kesakitan, harus mengatur nafas sambil membayangkan suatu tempat yang bisa membuat kita nyaman.
Lama kelamaan karena aku sering berlatih,
akhirnya aku mampu menguasai pain management ini kurang dari dua bulan.
Karena aku seringkali melatihnya, dalam kondisi apapun, bukan ketika hanya hendak tidur malam saja.

Alhamdulillah, kini aku bisa melalui malam malamku dengan tidur yang lumayan nyenyak,
walaupun sekali sekali ada juga aku terbangun karena rasa sakit yang tiba tiba menyentak.
Namun, sudah mampu aku kontrol dengan cara cara diatas , yaitu pernafasan dan visualisasi.
Doakan aku agar tetap bisa mengontrolnya yaaa……………

Salam

About fadecancer

I'm cancer survivor

3 responses »

  1. usagi says:

    nanti ajarin inon juga ya mammm
    inon kan juga susah tidur

    jiahahahaa…inon kalau dah tidur , malah susah bangun
    makanya kesiangan terus kalau naik kereta hahahaa….. 🙂 😛

    minta diajarin? wani piro….. ??? 😛 😛
    salam

    • LJ says:

      Inon susah tidur, susah banguunn..!!! 😛

      makanya….kesiangan terus tiap hari anak kita ini Mak … hahahaaa 😀 😀
      salam

  2. die says:

    Do’a kami sekeluarga akan selalu menyertaimu Bunda…

    terimakasih Mas Aldy utk doanya 🙂
    salam hangat utk keluarga
    semoga selalu sehat ,aamiin
    salam

Leave a Reply

