Hari ini tepatnya sudah hampir 5 bulan sejak si kanker ngendon ditubuhku.
Padahal yang aku rasain kayaknya ,  si kanker ini sudah berabad abad mukim di tubuhku………hedeh hedeh….
Dan, setelah segala macam gejala yang aku rasakan, diantaranya si Jackpot dan Mr. Black,
gangguan makan dan tidur, juga aneka ragam rasa sakit .


Eh, ternyata ada satu lagi gejala yang mulai terasa.
Dan, ini terjadinya baru aja, sekitar seminggu belakangan ini .
Istilah kerennya sih Short Memory Lost ( SML)
Hehehee….kayak ukuran baju aja yaaa…….

Tadinya aku gak nyadar , kalau si SML ini mulai menyerang, tapi anak anakku selalu bilang,
setiap kali selesai sholat atau ditengah sholat, si Mr. Black datang, begitu aku sadar, pasti aku tanya : Bunda dah sholat belum?
Hal ini berlangsung terus menerus.
Dan, makin kesini makin banyak hal yang aku lupa……….
Intinya , setelah terbangun dari black out ,
aku selalu lupa apa yang aku kerjakan terakhir kali.
Aku cuma ingat awalnya , apa yang ingin kukerjakan.
Belum lagi, aku sering kali mengulang ulang kata kata atau cerita yang telah aku katakan beberapa saat lalu….hedeeehh……
atau, malah lupa sama sekali apa yang akan aku rencanakan akan aku lakukan beberapa saat yang lalu,
makin aku berusaha mengingatnya, malah makin gak karu2an jadinya……..

Nah, hal ‘aneh’ kayak gini, aku tanyakan juga dong pada dokterku, dan beliau bilang :
” Ya ampun, Bu….masa’ sih ibu sudah mengalami short memory lost ini ? biasanya pasien kanker kami mengalaminya setelah menjalankan sesi kemoterapi, padahal ibu khan gak kemo sama sekali”

Hahahaha….manalah aku tau kalau hal itu ditanyakan padaku.
Yang ada sih malahan aku yang mencari jawabannya , bukan?

Aku : “Lho, dok…memangnya semua pasien kanker mengalamai hal begini ?”

Dokter : “Ya benar Bu, walaupun ada beberapa juga yang tidak mengalami,
atau sebaliknya malah kadang ada yang bisa sampai amnesia ,
walaupun biasanya tidak berlangsung lama …….”

Aku :” Tidak lamanya itu ,berapa lama dok?”

Dokter :” Bervariasi bu, tidak tentu, ada yang hanya beberapa hari saja ,
atau ada yang tidak mengalami sama sekali si short memory lost atau bahkan si amnesia ini”

Aku : “ooooh…gitu ya dok. Nah, caranya agar bisa sembuh seperti semula ingatan saya gimana dok”?

Dokter : “Gampang sih, banyak baca atau bisa juga isi TTS (teka teki silang) atau menghafal sesuatu ,
gak usah yang panjang, kalimat kalimat pendek aja Bu.
Atau mulai membuat catatan kecil yang bisa ibu baca kembali, agar tidak lupa.
Nanti juga bisa kembali lagi ingatan ibu seperti semula”.

Aku :” oooh……jadi sebenarnya gak terlalu berbahaya ya dok, kecuali mungkin kalau melupakan hal hal urgen yang bisa menyebabkan bahaya lainnya , utamanya bagi diri sendiri dan orang lain , begitu khan dok?”

Dokter : ” Ya bu, sebenarnya ibu gak usah terlalu khawatir, khan ibu juga suka membaca buku apapun selain menulis, ini sangat membantu ibu”.

Aku : “Ok, dok. Jadi saya gak perlu juga meminum obat obatan khan?”

Dokter : Gak perlu bu……….

Ooww………welcome to a new world !!

Jadi, sekarang aku harus lebih rajin lagi untuk banyak banyak membaca , menulis, mengulang ngulang sesuatu,
atau bahkan mencatat hal hal kecil yang keliatannya remeh temeh begitu……….
agar aku tidak keterusan jadi amnesia karena ulah si Short Memory Lost (SML) ini.

Baiklah……………..nikmati saja keberadaan si SML ini, sambil terus berusaha.
So…………just say : “Welcome to a new world “…………

Ya Rabb………..aku ikhlas menerima ini semua, namun jangan biarkan aku mengalami lupa padaMU ( nauzubillah) , aamiin

Salam

About fadecancer

I'm cancer survivor

5 responses »

  1. ka kak says:

    Be best survivor…. siapa dulu kk nyaa…..


    hahhahaaaaa………….. 😀 😀
    salam

  2. […] istirahat sejenak dari merasakan hal hal yang tidak mengenakkan akibat ulah si kanker ini. Lantas, Short Memory Lost (SML) yang akau alami, aku anggap justru sebagai anugerah dari Allah swt, karena lupa itu adalah karunia […]

  3. LJ says:

    mamih rajin posting.. itu juga sudah satu therapy menurut eMak.
    olahraga otak loh mam, mengeluarkan isi pikiran.. menuliskannya dengan bahasa yang bisa dimengerti orang lain..

    klo mamih bisa melakukannya terus.. Insya Allah cepat pulih lagi.

    aamiin aamiin….makasih banyak ya eMakku sayang……
    yang gak bosen2 kasih mamih semangat . 🙂
    (peluuuuukkk……)
    salam

  4. usagi says:

    tapi gak akan pernah lupa sama anak gadihnya yang lucu ini kan ..

    kadang2 lupa juga , kalau anakgadihnya lagi mada ….hahahaa 😀 😛
    salam

    • LJ says:

      coba aja Inon tes, ke japos lagi entar malem.. mamih bisa jadi lupa. 😛


      setujuuuuu…sama eMak 🙂
      hayuk Non…coba deh tes, Inon ke Japos ajah…… hahaaaa 😀 😀
      salam

Leave a Reply

