Menurutku  nih ya, sikap tuh mencerminkan kepribadian seseorang.
Begitu juga dengan cara berpikir, menentukan sikap seseorang.
Nah, sikap yang baik itu dimulai dengan pikiran yang positif.
Karena pikiran yang positif itu menentukan cara kita menjalani hidup kita .

Aku sih percaya banget tentang hal ini, terlebih lagi setelah aku didiagnosa kanker oleh dokter.
Aku ngerasa banyak banget manfaatnya dengan bersikap dan berpikir positif dalam menghadapi kankerku ini.
Walaupun tadinya sih, jujur aja…..
Aku tuh stress dan depresi banget sewaktu pertama didiagnosa kanker, tapi itu khan manusiawi dan wajar aja kali…
Karena, coba deh pikir, sekarang siapa sih yang ngerasa happy begitu tau ada kanker dalam badannya???

Kalau iya ada, pastinya ada yang gak beres deh pastinya sama tuh orang…..hahahaaa…. 

Jadi, awalnya tuh aku kudu dibimbing sama psikiaterku untuk melalui tahap denial menuju tahap acceptance.
Gak gampang pastinya………
perlu waktu, perlu proses
Alhamdulillah, dalam waktu yang termasuk singkat (dua bulan gitu deh)
aku akhirnya benar benar pasrah buat nerima bahwa si kanker ini memang ada dan bersarang dibadanku…

Pasrah disini dalam artian, aku  berniat dan berikhtiar sekaligus menyiapkan fisik,
utamanya psikisku untuk selalu  siap melawan si kanker ini.
Dan, memang pikiran dan sikap positif yang aku lakukan banyak banget manfaatnya buat perang dengan si kanker ini, antara lain :

1. Aku mulai bisa mengontrol dan mengelola stress yang aku rasakan sebagai dampak diagnosa kanker ini.
2. Aku menjadi lebih pe de bahwa aku bisa menang melawan kankerku
3. Aku juga bisa lebih fokus untuk terus dan terus mencari cara yang aku rasa paling nyaman bagiku untuk menyikapi kankerku, agar aku bisa tetap hidup normal seperti orang lain……..karena walaupun aku seorang penyintas kanker, but life must go on khan?? bukan cuma buat aku aja, tapi juga buat orang orang terdekatku .
4. Dan, yang terakhir aku rasakan dampak baik bagi sikap dan pikiran positif ini adalah, aku merasa hanya orang orang yang berhasil yang mau dan mampu untuk bersikap dan berpikir positif….

Dengan berbekal cara menyikapi hidupku yang seperti ini,
aku gak perlu curcol  dengan teman, kerabat maupun sahabatku tentang “heboh” nya aku sebagai seorang penyintas kanker.
Lama lama bosen juga kali ya, kalau tiap kali ketemu  curcol  sama mereka,
kayak gak ada bahan omongan lain aja,
khan mereka juga punya kehidupan sendiri yang gak kalah hebohnya dengan macem macem urusannya juga.
Dan, sikap mereka kalau kayak gitu sih, aku anggap ya wajar wajar aja, manusiawi banget malahan.
Dan, alhamdulillah…….selama ini aku memang gak pernah sih curcol tentang kankerku pada siapapun, hanya pada orang rumah aja.
Kecuali ya…..kalau mereka ingin aku berbagi cerita sama mereka, maka dengan senang hati pasti aku lakukan.

Jadi……………intinya, aku gakkan pernah deh berkeluh kesah seolah olah aku manusia paling malang sedunia,
karena masih banyaaaak banget yang harus aku syukuri dalam hidupku kini.

Sekarang sih yang penting , aku harus terus menerus memelihara bahkan kalau bisa meningkatkan cara menyikapi hidupku dengan cara yang lebih baik lagi.
Kalaupun mau curhat yang pwol pwol an ya …….pastinya pada Allah swt.
Allah swt khan tempat paling aman dan paling istimewa buat curhat,
terus aku yakin, pasti Allah swt juga akan kasih solusi terbaik buatku karena hanya Allah swt yang paling tau apa yang terbaik untukku, ya khan??

So…….be positive and be optimist 

Doain aku ya temans………

Salam

About fadecancer

I'm cancer survivor

3 responses »

  1. rime says:

    semangat ya mbak… semangat dan pikiran positif bisa mengalahkan segalanya 🙂

    Insyaallah…..pastinya begitu Rime 🙂
    salam

  2. usagi says:

    ini lah hebatnya mamih inon ,
    gak di bikin drama queen ya,,
    masih rusuhan anak gadihnya apa aja di bikin panikk
    orang mamihnya inon masih seger buger bangettttt
    semangat mammm

    jiah…khan karena anakgadihnya rajin banget ngasih semangat mamihnya ini 🙂
    makasih banyak ya nak……….
    (peluuuuuuuuuuk)
    salam

    • LJ says:

      setuju ma Inon..
      mamih yang sekarang itu keren tingkat nasional
      anak gadih dan eMak mah liwaatttt…

      iiihh…eMak ikh , suka gitu deh …
      padahal mamih banyak belajar dari eMak juga 🙂
      eMak pokoknya wokeh banget deh ……….
      love u as always Makku sayang……….
      salam

Leave a Reply

