Dibeberapa tulisan tulisanku sebelumnya ,aku cukup sering menyebutkan tentang self healing yang aku lakukan untuk membantu mengurangi rasa sakit dan pelengkap pengobatan herbal yang aku jalani untuk mengatasi kankerku ini.

Nah, mungkin sebaiknya aku tuliskan detailnya tentang self healing seperti apa yang aku lakukan kini, siapa tau ada manfaatnya untuk teman teman yang kebetulan membaca tulisanku ini.
Zaman sekarang beragam peyakit muncul seiring pertumbuhan teknologi dan kenyamanan dalam segala aspek kehidupan.
Dan ketika sakit biasanya bagi yang mampu akan langsung kerumah sakit yang top yang banyak menjamur sekarang, bagi yang ekonominya pas pasan akan membeli obat obatan yang umum beredar atau ke pengobatan alternatif yang sekarang juga mulai mahal.

Sebenarnya tubuh manusia di ciptakan oleh Tuhan begitu sempurna sehinga mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan dirinya sendiri, dengan langkah langkah dan kebiasaan tertentu kita bisa mengaktifkan penyembuhan dalam diri kita.

Karena aku ingin sembuh, maka aku coba terapi self healing ini untuk kankerku.
Yuk, disimak apa saja yang aku lakukan dalam menerapkan self healing ini :

1.Segi dari tubuh

A.Berolah raga ringan :
jalan kaki di pagi dan sore hari minimal 30 menit perhari, melakukan semacam senam ringan ( sejenis strechting)setiap hari, karena tubuh perlu bergerak tiap hari .

B.Bernafas dengan nafas dalam dan nafas perut :

Duduk santai dan tarik nafas dengan hitungan 6 dengan memperhatikan detak jantung, kemudian nafas itu ditahan di perut juga selama 6 hitungan, setelah itu keluarkan lagi nafas lewat hidung dengan juga 6 hitungan detak jantung, dan juga tahan pas perut kosong dari nafas 6 hitungan, dan ulangi terus sampai minimal 15 menit .
Saya lakukan pernafasan segi 4 ini atau disebut juga pernafasan prana setiap hari dengan posisi santai, sambil duduk menonton tv atau bahkan membaca buku, dan punggung tegak atau bisa juga dengan posisi meditasi.

C. Memakan makanan yang kaya serat dan perbanyak makan buah dan jus, serta kurangi minuman manis, kebetulan aku memang gak begitu suka minuman manis , jadi gak masalah, terus ya perbanyak minum air putih pastinya.

D. Makan secukupnya, karena aku sudah berusia lebih dari setengah abad, maka aku hanya makan 2 kali sehari saja, selebihnya aku lebih banyak meminum jus buah buatan sendiri bersama ampasnya tanpa gula dan sayuran.

2.Segi Pikiran

A. Selalu bepikir positif dalam hidup sehari hari .
Ketika bangun pagi aku duduk santai untuk membuat suatu afirmasi atau doa sederhana misal “Terima kasih ya Rabb atas karuniaMU hari ini yang menghadirkan kembali pagi yang indah” dan aku rasakan dalam pikiran bahwa hari ini begitu indah.

B .Saat akan memulai melakukan kegiatan, apapun itu di awal pagi, aku juga berdoa, misalnya :
“Hari ini aku pasti lebih sehat dari pada kemarin karena Allah swt bersama ku” kuucapkan dalam hati minimal 11 kali jadi kujadikan seperti dzikir berulang ulang.

C. Ketika berhubungan dengan sesama aku usahan selalu berpikir positif dan melihat semua orang yang kukenal dengan sisi positifnya.

D. Ketika mau tidur sambil berbaring dan sebelum terlelap, daripada pikiran melayang kemana mana, aku banyak berdzikir mengingat Allah swt sambil bersyukur untuk hari ini yang berhasil kulalui, sekaligus memohon agar aku diizinkan bisa terbangun di pagi hari untuk melaksanakan sholat subuh.

3.Segi jiwa atau hati

A. Aku terus berusaha untuk hidup dengan ikhlas dan pasrah total pada pengaturan Allah swt semata.

B.  Aku semakin intens beribadah, terutama di tengah malam melakukan qiyamul lail, karena saat malam hening dan sebagian besar orang terlelap maka doa dan ibadah yang kukerjakan terasa akan lebih khusuk.

C.  Aku juga melakukan puasa puasa sunnah senin kamis,karena puasa mampu menekan ego dan juga lebih mendekatkan diri pada cahaya kasih Illahi.

D. Merubah cara pandang dalam hidup.……hiduplah hanya untuk hari ini, artinya jangan melekat pada kemarin yang berlalu, dan takut akan hari esok yang masih mistery.
Jalani hidup moment by moment dengan sadar dan ikhlas serta keyakinan, dan terimalah apapun hasilnya dengan ikhlas.

Menurut pelatihan self healing ini, pada perinsipnya peyembuhan alami oleh tubuh akan terjadi apabila ada keseimbangan antara tubuh, pikiran dan jiwa kita.
Dan itulah sedikit teknik yang akan membuat tubuh, pikiran dan jiwa menjadi seimbang.
Ketika harmoni antara tubuh, pikiran dan jiwa tercapai,  maka tubuh akan berproses menyembuhkan sakit, dan menjaga tubuh tetap sehat, pikiran tenang serta jiwapun damai.

Salam

NB :

Apabila dirasa bermanfaat, bisa dicoba untuk dipraktekkan dan sesuaikan dengan agama dan kepercayaan teman masing masing dalam melaksanakannya.
Kalau dirasa tak masuk akal, dibaca saja dan abaikan saja.

Semoga kita semua selalu sehat, aamiin ya Rabb……………

About fadecancer

I'm cancer survivor

3 responses »

  1. inoo says:

    terimakasih tips nya bunda.. kanker memang menakutkan.
    tapi saya berusaha bersahabat dengan nya..

  2. chocoVanilla says:

    Tentu saja tulisan Bundoo di atas sangat berguna. Dan aku akan mencoba mempraktekannya. Makasiy sharing nya, Bund 🙂


    alhamdulillah, kalau benar bermanfaat Mbak 🙂
    salam

  3. Niar Ningrum says:

    Berpikiran positif emang bikin lebih baik hati, badan dan perasaan yaa bunda 😀


    bener banget Niar 🙂
    salam

Leave a Reply

