” The 3 C’s of life : Choices, Chances and Changes.
You must make a Choice to take a Chance or your life never Change
( Unknown )

Kata kata motivasi diatas memang pasti bagus dan memberikan kesempatan untuk kita berpikir, bahwa dalam menjalani hidup, kita harus berani untuk punya pilihan, untuk mendapatkan kesempatan atau, kehidupan kita takkan pernah berubah .
Sama atau hampir mirip khan, dengan ayat yang ada di Al-Qur’an bahwa Allah swt takkan mengubah hidup suatu kaum, sebelum mereka sendiri berani merubahnya.
( Aku lupa surah dan ayat keberapa di dalam Al-Qur’an)

Aku sendiri mengalami perubahan hidup yang sangat signifikan setelah terdeteksi kanker tulang rawan.
Semuanya berubah, dari mulai sikapku yang panik, takut, down dan lain lain, sikap keluarga yang awalnya agak lebay, namun aku mengerti, itu semua karena mereka menyayangiku pastinya.
Irama kehidupan dalam rumahku juga berubah pastinya.
Terlebih lagi adalah psikis atau mentalku yang berubah 360 derajat dalam menghadapi kankerku ini.

Makin hari aku makin tau tentang diriku sendiri, karena aku mulai mempelajari apa dan bagaimana serta siapa diriku sebenarnya, dalam artian, apa yang aku punya dan apa yang aku harapkan terjadi pada diriku ?
bagaimana aku sebaiknya menghadapi kankerku?
seberapa besar kemampuanku dalam mengelola dan melawan kankerku ini ?
punyakah aku kiat kiat khusus dalam memeranginya?
Semua pertanyaan diatas harus sesegera mungkin kutemukan jawabannya.

Semua itu sudah harus kupikirkan dan terapkan dalam keseharianku bersama si kanker ini.
Kaitannya dengan quote diatas adalah :


1. Choices :
Aku sudah dipastikan mengidap kanker, jadi aku gak punya pilihan lain untuk menghindari atau mencegahnya.
Aku hanya harus menghadapinya…..
Namun, aku masih punya pilihan untuk memilih pengobatan untuknya.
Seperti yang pernah aku tuliskan disini, aku memilih pengobatan herbal, dengan segala konsekuensinya.

2. Chances :
Setelah semua test test yang menyakitkan dan menghabiskan waktu serta biaya yang tidak sedikit, kesimpulan akhir aku masih punya kesempatan 5 tahun dengan kankerku ini.
Namun begitu, aku juga punya kesempatan untuk memohon pada Allah swt dan meyakini bahwa 5 tahun itu bukanlah harga mati, karena tetap saja DIA lah Yang Maha Penentu Segalanya.
Keyakinanku inilah yang membuatku tetap terus semangat dan berusaha semaksimal mungkin mengambil kesempatan yang diberikan Allah swt padaku.
Aku akan terus ikhtiar, optimis dan selalu positif dalam setiap pikiran dan tindakanku.

3. Change :
Ya…benar sekali, perubahan yang sedemikian kilatnya memang terjadi pada diri dan hidupku setelah didiagnosis kanker, aku sempat mengalami yang namanya stress, depresi, denial dan lain lainnya.
Bukan hanya sekedar perubahan fisik saja ( ini hal yang mudah untuk dikembalikan seperti semula), namun justru psikisku yang kudu kutata kembali, hatiku harus kusiapkan dengan gigih dan tegar.
Inilah yang memakan waktu dan energiku, emosiku yang seringkali labil, tiap kali serangannya datang ( yang seolah tak pernah berhenti), belum lagi unfinished business dalam kehidupanku yang masih juga belum terlihat tanda tanda akan segera berakhir, justru menjadi bagian dari hari hariku yang berat, yang justru sering membuatku kelelahan fisik dan mental yang luar biasa.

Namun begitu, aku yakin setiap luka itu ada harganya.
Jadi, aku tetap yakin, aku mampu merubah hidupku menjadi lebih baik lagi, aku mampu menikmati sisa hidupku justru dengan lebih banyak bersyukur dan melihat sisi lain kehidupan sebagai sebuah anugerah dan karunia luar biasa.
Aku jadi lebih mengenali diriku yang sebenarnya, ternyata aku lebih tegar, kokoh, dan kuat ….

Setegar batu karang dipantai, yang tetap tegak meski ombak berkali kali menerjangnya.
Sungguh luar biasa kehidupanku kini yang diberikan Allah swt.

Salam

About fadecancer

I'm cancer survivor

2 responses »

  1. chocoVanilla says:

    Bagiku, Bundo tetap hebat, meski didera sakit tetap bisa memotivasi diri. Dan tahukah BundoLy, bahwa akupun termotivasi dengan semuaaaaaa tulisan Bundo!

    Makasiy ya, Bun, salam sayaaaang selalu…


    waduh, Mbak Choco ini mah paliiiing pinter deh kalau memuji 😳
    yang ada si bunda ini nanti gelembung melayang kayak balon deh …..hahahaaa πŸ˜€ πŸ˜€
    sama2 , Mbak
    bunda yang terimakasih banyak , Mbak Choco itu gak bosen2 ngasih bunda energi dan semangat utk sembuh dan utk terus berjuang
    ( peluk erat )
    salam

  2. Evi says:

    Bun, sering2 afirmasi yah bahwa Bunda sehat..Bukan untuk denial tapi mengirimkan pesan self healing ke alam bawah sadar kita..Jadi tetap semangat ya Bun..Walau ada roller coster dalam emosi..Suatu saat Bunda pasti keluar sebagai pemenang πŸ™‚ Amin


    hiks …jadi terharu baca komen ini ,Evi sayang
    (peluuuuk)
    terimakasih banyak utk atensi dan doanya ,Evi πŸ™‚
    semoga Evi selalu sehat ya
    salam hangat utk keluarga
    salam

Leave a Reply

