Tulisan ini aku buat bukanlah untuk menakut2i, namun untuk terus waspada dengan keberadaan si kanker di dalam tubuh kita.
Karena itulah kami, sebagai seorang penyintas kanker, tidak boleh sama sekali tertipu atau terlena oleh ulahnya, yang kadang sulit ditebak.
Dalam arti begini, kita merasa aman aman saja, setelah mengikuti semua anjuran dan petunjuk yang diberikan oleh dokter untuk mengobati dan menyikapi ‘tingkah laku’ si kanker.

Toh, kita sudah jalani semuanya, seperti berbagai macam terapi, juga berbagai pemeriksaan dengan alat alat dan mesin yang canggih, yang menunjukkkan sudah tidak ada lagi sel sel kanker didalam tubuh kita.
Jadi, kita sudah sembuh dong…!!!

Tapi…..tahukah temans ? si kanker ini adalah penyakit yang sangat menyebalkan
ia dapat kambuh sewaktu waktu, meskipun tak terdeteksi, bukan berarti tak ada sel kanker didalam tubuh kita.
Mungkin saja ada, tapi ia ngumpet jauuuuh didalam sana……
sehingga tak terdeteksi bahkan oleh mesin tercanggih sekalipun.

Karena itulah dalam dunia medis ada istilah yang namanya NED (No Existing Desease)
Kanker juga adalah penyakit paling pengecut yang selalu sembunyi.
ia tak berani menampakkan diri ketika “dipanggil”.
Tapi, begitu kita lengah si kanker busuk ini lalu menyerang kita tanpa ampun.

Karena itulah, kami, para penyintas kanker , harus terus waspada.
Namun begitu, kami juga tak perlu hidup dalam ketakutan, karena justru situasi seperti itu yang malah menumbuhsuburkan si kanker.
Lebih baik, kami waspada dengan gaya hidup kami, berusaha terus untuk hidup sehat, berusaha juga untuk mengisi hidup ini dengan hal hal yang menyenangkan dan positif.

Salam

Advertisements

About fadecancer

I'm cancer survivor

5 responses »

  1. Applausr says:

    wah, memang betul. sering kambuhan, mungkin harus di bantu dengan pola hidup yang baik juga agar lebih tenang. dan pikiran positif kalau kankernya sudah hilang untuk selama lamanya…

    juga, selalu rajin kontrol Rom, agar kita gak kecolongan 🙂
    salam

  2. monda says:

    iya mamih…, kami yang sehat sekarang ini belum tentu akan aman2 saja kan he..he…

    hehehe…mudah2an BunMon selalu sehat
    salam hangat utk keluarga 🙂
    salam

  3. Evi says:

    Okay mari kita keep positive ya Bund. secara aku amat ngeri pada kehadiran si menyebalkan ini, semoga dia tak pernah mampir dlm hidupku..

    aamiin Ya Rabb.
    bunda selalu mendoakan semoga si ‘menyebal’kan ini
    jangan mampir ke tempat Evi 🙂
    selalu sehat ya Evi sayang ……….
    (peluuuk……….)
    yuk, mulai hidup sehat dgn sikap dan pikiran positif selalu, setiap saat 🙂
    salam

  4. Orin says:

    jadi si kanker sukanya ngumpet gitu ya Bun? >_<

    heheheee….jagonya main petak umpet dia kayaknya tuh Orin 😛
    salam

  5. Imelda says:

    bunda, apa bunda ada diet untuk menekan kanker ini?
    Aku pernah baca soal diet daging dan menjadi vegetarian, serta rajin minum teh hijau.
    Memang kita sendiri yang harus kontrol untuk kesehatan kita ya

    ya, bener banget Mbak EM
    kita yg harus kontrol kesehatan kita.
    bunda sendiri sudah lebih dr 20 tahunan gitu jadi flexitarian,
    namun ketika dia mau exist, yaa….akhirnya “bangun” juga
    tentunya krn ada pemicunya……
    diet bunda selama ini( sebenarnya dr sebelum terdeteksi kanker)
    adalah menjalani pola makan sehat, lebih banyak sayuran dan buah segar.
    Nah, kontrol emosi yg bikin dia “bangun”
    saat bunda stress ….ini yg agak susah mengontrolnya 😦
    menurut dokter, 60% pemicu kanker yg bunda aalami adalah stress dan depresi 😦
    karena si kanker ini sudah ada 5 tahun yg lalu, namun blm exist…….
    salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s