Pertanyaannya yang selalu berdengung di telinga penyintas kanker adalah: Apakah aku bisa sembuh?
Jawabannya: bisa.
Asal…..mau berjuang mati-matian dan Tuhan mengijinkan.

Memang kanker ini sulit diberantas.
Kalau masih dalam stadium awal, penanganannya lebih mudah dan kemungkinan untuk sembuh mencapai 80 persen.
Kondisi yang sebaliknya berlaku untuk kanker stadium lanjut.

Bagaimana caranya supaya bisa sembuh??

Saat ini belum ada obat yang dapat dengan mudah membasmi kanker sampai ke akar akarnya.
Kemoterapi dapat memukul mundur kanker tetapi bukan berarti sel kanker betul betul hilang.
Bisa saja ia muncul lagi dan menyerang ke bagian tubuh yg lain.

Hiii.. Ngeri ya.
Aduh bagaimana ini… ….

Meskipun demikian, kami, para penyintas kanker ini, tak boleh berkecil hati.
Banyak contoh yang menunjukkan bahwa penderita kanker bisa sembuh total, contohnya seperti artis Rima Melati.

Bagaimana kalau stadium lanjut?

Kankerku yang  stadium 3B ini pasti membuat orang merinding.
Bayang bayang kelam si malaikat pencabut nyawa pun muncul,
Aaaaaaah, jangan lebay………
Penyintas kanker stadium lanjut tak harus hidup muram.
Banyak yang bisa menikmati hidup dengan berkualitas.
Dapat beraktivitas dan produktif meskipun mungkin ada penurunan.
Masih bisa ketawa-ketiwi, pergi ke sana ke mari, jalan jalan ke mall…

Oh ya, ngomong ngomong soal jalan ke sana kemari…
akhir agustus kemarin itu aku sempat ke sebuah mall besar bersama sahabat2ku, walaupun disana aku banyak duduknya , tapi rasanya lelaaaaaah sekali.

“Itu wajar karena sebagian tenaga digunakan untuk melawan penyakit,” kata pak dokter.

Perang melawan kanker memang melelahkan.
Belum setahun berlalu aku sudah naik kelas ke stadium lanjut (3B)
Berbagai cara telah dilakukan untuk memberantasnya hingga tuntas, atau paling tidak untuk mengendalikannya agar tidak menyebar ke mana mana.
Perjuangan belum selesai.
Pengobatan dan pemeriksaan rutin dilakukan untuk mendeteksi keberadaan sel sel kanker.

Hasil bone scan terakhir menunjukkan adanya “peningkatan kegiatan” di tulang belakang, siku kiri, kaki kiri, lengan kiri, pokoknya bagian tubuh sebelah kiri semua deh………….
Oohhh.. NO..! Kok bisa ya?
Tapi sebetulnya hasil ini nggak terlau buruk juga sih, karena penyebaran hanya dibagian sebelah kiri tubuhku saja.
Semoga si kanker ini gak menyebar ke bagian kanan tubuhku ……
Doain aku ya temans………..

Salam

Advertisements

About fadecancer

I'm cancer survivor

3 responses »

  1. Orin says:

    Aamiin…semoga si kanker segera turun kelas, Orin sih pgnnya dia di-DO aja Bun 😀

    aamiin ya Rabb….
    hehehe…bener Rin, kapan ya si kanker ini mau DO …beugh … 😦
    salam

  2. Imelda says:

    kalau di SD naik kelas senang ya… tapi kalau bunda inginnya turun kelas tentunya. Doa kami juga spy turun kelas 😀


    turun kelas ,sekalian DO ya Mbak EM …hahaha 😀 😀
    terimakasih banyak Mbak EM, yg selalu setia dan gak pernah bosan menyemangati bunda melalui komen disini
    ( peluuukkk erat…….)
    salam

  3. Evi says:

    Dan Pak Dahlan Iskan juga yang selamat dari kanker tuh Bun..:)

    ya bener, beliau seorang survivor yang tangguh ya Vi 🙂
    salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s