Pernah ada seorang teman bertanya: “Kalau baca BBM atau SMS pusing nggak?”
“Ya , gak lah ” jawabku.
Pertanyaan serupa datang lagi belum lama ini dari teman lain.
”Kamu bisa baca (buku)? Gak apa apa ??”
”Bisa dong….”

Rupanya mereka sangat prihatin dengan kondisiku dan mengkhawatirkan bahwa keadaanku sudah sedemikian parahnya ( padahal mah gak gitu gitu amat kali )sehingga kepala bisa puyeng hanya karena membaca BBM, SMS apalagi buku….heheheeee…….

Mereka pasti menganggap bahwa sebagai penderita kanker stadium 3B pasti kondisiku sangat mengenaskan.
Apalagi ditambah dengan bagian badan sebelah kiriku, terus menerus terasa menyakitkan.
Hiiiihh serem….

Memang betul aku kena kanker.
Memang betul penyakit itu sudah memasuki stadium 3B karena sel sel kanker yang tadinya “hanya” bercokol di bagian lutut dan panggul, sekarang sudah berekspansi kemana mana, ke berbagai bagian tulang rawan lainnya, termasuk tulang belakang, bahu kiri, siku kiri , pergelangan tangan kiri dan pergelangan kaki kiri………pokoknya serba kiri deh……. ( yang penting bukan golongan kiri khan? heheheeee…..)

Tapi itu bukan berarti bahwa sepanjang hari aku hanya terkapar tanpa daya,
memandang langit langit kamar dengan pandangan kosong sambil meratapi nasib.
Yaaaa……………gak gitu gitu banget juga kali yaaa……..

Allah swt itu Maha Baik.
Aku masih bisa membaca apa saja yang aku suka, dan mengetik di depan komputer.
Walaupun sekarang ini aku gampang banget capek, tapi aku tetap mampu mengerjakan pekerjaan rumah tangga,
masih bisa up date blog, masih bisa menikmati keseharianku.
Dan, aku hanya perlu disiplin ketat, menjaga asupan makanan sehat,
rajin berobat, dan melakukan cek rutin ke rumah sakit, sedapat mungkin menghindari situasi yang bikin aku stress,
dan menjaga emosi agar tetap stabil………

Syukurlah aku masih dapat menjalani hidup yang berkualitas, walau penuh perjuangan.
Perjuangan ini masih berlanjut terus hingga sekarang, hingga detik ini.

Dulu aku selalu terbangun setiap malam… eh, pagi, sekitar jam 2 atau jam 3 an……..
dan gak bisa tidur sampai subuh karena kepanasan meskipun ruangan ber-AC, dan tentu saja selalu diikuti dengan rasa nyeri yang berkepanjangan…..jadi, gimana mau tidur coba??
Kapan itu pernah aku bertanya ke dokter soal rasa panas yang sering menggangguku dan memperoleh jawaban: ”Itu karena penyakitnya.”

Sekarang aku masih suka begadang…….walaupun akhirnya bisa tertidur juga sekitar jam 7 atau 8 pagi….
Yaaa…….dinikmati saja….syukur masih bisa tidur, ya gak sih???

Oh ya, aku juga pernah minum air rebusan daun sirsak.
Dulu daun sirsak kuperoleh dari teman yang dapat dari saudaranya yang punya pohon sirsak.
Tapi sekarang daun sirsak banyak dijual yang sudah dikeringkan dan dipotong potong kecil dalam kemasan plastik.
Sangat praktis.
Seorang teman pernah memberiku satu dos daun sirsak kering itu.
Tapi, sekarang aku minum daun sirsak yang sudah berbentuk kapsul, lebih praktis lagi khan?
Juga aku minum keladi tikus yang berupa pil……..

Konon kabarnya daun sirsak sangat bagus, lebih hebat dari kemoterapi katanya  ( walaupun aku gak kemo)
Efek sampingnya adalah tubuh merasa panas.
Jadi, apakah aku seringkali kepanasan karena minum kapsul daun sirsak? Belum tentu.
Karena pernah aku coba untuk berhenti meminumnya, tetapi badan tetap saja merasa panas.

Jadi, sekarang badanku masih saja terasa seperti orang yang demam setiap hari .
Namun, aku masih terus saja berjuang dengan semangat , karena aku  sudah punya resep rahasia.
Resepnya: Ikhtiar, doa dan tawakal alias keteguhan iman pada Allah swt……….

Salam

Advertisements

About fadecancer

I'm cancer survivor

11 responses »

  1. Imelda says:

    Bunda, kalau bangun dini hari gitu merasa kesepian ngga? Suka chatting atau ngobrol ngga bun?

    iya , seringnya memang merasa sepi Mbak EM.. 😦
    apalagi liat semua anggota keluarga tidur dgn lelapnya…
    duh, saat2 kayak gitu suka bikin sedih ,merasa all alone…
    tapi, yaaa…….. harus dilawan , jadinya seringnya sih baca2 Kitab Suci aja…
    kadang sampai nangis juga sih…
    ( hihihi….kok malah jadi curcol nih….sorry ya Mbak EM ) 😛

    kadang suka chatting juga sih sm temen yg di UK ( sahabat deket gitu)
    salam

    • Imelda says:

      kita-kita yang insomnia aja kalau terbangun dini hari suka merasa sepi ya…apalagi kalau tidak ada teman yang bisa diajak bicara. Dulu aku suka terbangun terngah malam, lalu sembuh. Tapi akhir-akhir ini mulai lagi nih 😦

      Dan salah satu solusinya memang mempunyai teman di belahan dunia lain.
      Cuma kalau baca posting bunda soal butuh tidur….. jadi dilema juga. Semoga di siang hari bunda bisa tidur ya…

  2. yustha tt says:

    Bunda yang penuh semangat.. Menjadi inspirasi bagi penderita kanker lainnya, juga untuk kami semua pembaca blog ini. Terima kasih teladannya ya Bun…. ❤

    heeheee…habis kalau gak gitu, siapa yg mau menyemangati kalau bundanya sendiri loyo melulu Tt 🙂
    walau memang ada jg sih saat2 down dan drop itu mampir … 😦
    terimakasih banyak ya Tt sayang yg gak bosen2 kasih bunda atensi dan support
    (peluuukkk….)

  3. kakaakin says:

    Tante saya ada yang pernah menderita Ca cerviks, sudah dioperasi. Kini beliau rutin minum air rebusan benalu, untuk menghindari munculnya kembali sel2 kanker itu…
    Resep Bunda pun sangat manjur, bisa diterapkan ke segala bisang kehidupan 🙂
    Semangat ya, Bunda…

    alhamdulillah, semoga Tante nya Kakaakin selalu sehat dan si kanker nya benar2 punah ,aamiin

    tks ya Kak utk atensi, doa dan supportnya 🙂
    salam

  4. nelly says:

    bunda sayang semangat terus yaa..semoga dengan semangat yg keras serta yakin dengan kekuasaan ALLAH YME semua nya cepat berakhir …yang penting jgn banyak pikiran bun…Allah itu sangat sayang kepada hambah nya yg tawaqkal dan sabar …salam buat kel….ayo bun..semangat…semangat..semangat….we love U


    aamiin Ya Rabb……
    insyaAllah semangat terus Nel …
    tks banyak ya Nel utk atensi, doa dan supportnya 🙂
    salam hangat utk Uda dan Puti
    semoga selalu sehat
    salam

  5. Pakde Choli says:

    Dengan usaha terus-menerus disertai doa yang tak putus-putus semoga kondisi mbak bisa membaik.
    Saya ikut prihatin sambil ikut mendoakan untuk kesembuahan mbak Lily
    Salam sayang selalu

    aamiin ya Rabb……
    terimakasih banyak utk atensi, doa dan supportnya Dheee………… 🙂
    salam hangat utk keluarga di Galaxi
    semoga selalu sehat
    salam

  6. jadi Bunda tidak kemo ya…. ya ya.. semoga sirsaknya sangat ampuh untuk menyembuhkan ya…. salam selalu…


    iya , gak Rom, krn bunda pakai pengobatan herbal
    jadi pengobatan medisnya hanya ketika cek ulang dan obat2an anti mual, menguatkan tulang juga pain killer aja
    kombinasi pengobatan herbal dan medis gitu Rom 🙂
    salam

  7. vizon says:

    Nah… resep yang terakhir ini yang musti dimiliki semua orang. Murah dan tidak susah mendapatkannya.. Betul kan Bunda? 🙂

    Kira-kira, kalau ikutan tantangan blogger, bikin stres gak Bun? hehe.. 🙂

    insyaAllah Nyiak, tetap terus mencoba resep ini sampai akhir khayat 🙂
    hehehe…..mudah2an gak Nyiak, malah semangat kayaknya …hahaha 😀 😀
    ( sok pede banget …) :mrgreen:
    salam

  8. ka kak says:

    Semangat !!!!!!……

    pasteeeeeehhh………… 🙂
    thx 4 support sis ………..
    salam

  9. Wong Cilik says:

    suka dengan resep dan juga semangatnya Bunda …
    thanks for sharing…

    alhamdulillah, terimakasih juga Wong Cilik sdh berkunjung kesini dan mmberikan support 🙂
    salam

  10. prih says:

    Suka sekali dengan ….Resepnya: Ikhtiar, doa dan tawakal alias keteguhan iman pada Allah swt……….Struggle diperuntukkan juga bagi keluarga pendamping, dan kekuatan Uni Ly memancar juga menginspirasi setiap sahabat pembaca blog ini. Trimakasih Uni keteladanan tawakalnya. Salam

    terimakasih banyak Ry yg tak pernah bosan menyemangati diriku 🙂
    salam hangat utk keluarga
    semoga selalu sehat ,aamiin
    salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s