Pastinya ini bukan judul sebuah dongeng sebelum tidur yang sering dibacakan kepada anak anak.
tapi……ini tulisan tentang khasiat dan manfaat jus wortel, tomat dan apel bagi penyintas kanker sepertiku.

Dari dulu tuh aku penikmat jus , entah buah atau sayuran .
Bukan apa apa, karena aku tuh suka malas mengunyah kalau makan, jadi kalau minum jus kan praktis banget ,
tinggal sruput dan telan aja gak perlu dikunyah lagi,
daan…….tarraaa……kenyang deh……… hehehe……..

Nah, iseng iseng aku googling nih, tentang manfaat jus wortel, tomat dan apel.
karena kebetulan pak dokter bilang : “usahakan ya bu, untuk memperbanyak minum jus apel, tomat dan wortel, itu bagus lho”
Jadi, setiap hari, aku bisa menghabiskan 5 atau 6 gelas jus campuran dari buah dan sayuran tersebut….

Nah, sekarang kenapa harus minum jus ini sebanyak mungkin dan seberapa sih manfaatnya ?
Prof.Bambang Wirjatmadi MD MS MCN PhD, ahli gizi FK Unair menyarankan agar mencampur tomat atau jeruk dengan apel atau wortel, saat di blender , dengan begitu rasa langu akan hilang.
Lagi pula wortel, tomat dan apel dapat dijadikan menu utama dalam mengonsumsi jus, apalagi untuk meningkatkan energi, itu sangat baik.

Nah, jadi cocok banget khan campuran jus ini untuk aku, yang sering banget tekor energi untuk perang melawan si kanker busuk ini .
Penjelasannya kira kira kayak gini nih :

1. Jus Tomat
Dalam jus tomat mentah terdapat lycopene, sebagai salah satu zat pencegah kanker.
Juga mengandung potasium yang sangat berguna untuk menunjang gizi tubuh serta vitamin C
Jus tomat mentah dapat meningkatkan nafsu makan yang menurun, membantu mengatasi pencernaan yang bermasalah.
( Tuuh khaaan ……….cocok banget buat aku yang penyintas kanker, pencernaanku juga bermasalah banget dan sering muntah tiap kali  habis  makan, yang bisa jadi penyebab kekurangan gizi…..)
Pantesan aja pak dokter “memaksa” ku untuk rajin dan sering minum jus ini…….

 

2. Jus Wortel
Jus wortel mengandung karoten yang bermanfaat untuk pembersihan lever, juga mengandung vitamin A, yang bisa mengurangi lemak didalam lever.
Jus wortel ini baik untuk mengurangi inflamasi(pembengkakan) yang terjadi akibat kanker, menyegarkan kulit dan menghilangkan bercak bercak di kulit ( seringnya berwarna ungu kebiruan)

 

 

 

3. Jus Apel
Jus apel mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh kita , misalnya : Vitamin A, vitamin B Kompleks, vitamin C, magnesium, potassium, dan zat besi, selain itu jus apel juga kaya akan serat.
Manfaatnya juga banyak lho, seperti ini nih : menjaga kekebalan tubuh, menurunkan resiko kanker, menjaga kesehatan mulut,dan menyehatkan pencernaan.

Nah, untuk aku yang selalu bermasalah dengan pencernaan dengan adanya si Jackpot, jus wortel, tomat dan apel ini , lumayan membantu banget.
Apalagi aku juga khan sering mengalami inflamasi juga bercak bercak ungu kebiruan, nah dengan mengonsumsi campuran jus wortel, tomat dan apel ini, si bercak bercak dan inflamasi nya lumayan jauuuuuh berkurang …

Jadilah, si jus wortel, tomat dan apel ini kebutuhanku sehari hari ..

Yuuk….nge jus lagi………

 

 

Salam

Advertisements

About fadecancer

I'm cancer survivor

7 responses »

  1. Bali Tour says:

    terima kasih atas informasinya, artikelnya sangat bermanfaat

  2. Narto says:

    Aku perlu memperbanyak minum jus wortel nih, makasih infonya

  3. Imelda says:

    bunda, aku jarang bikin sih, karena suka ngga ada persediaan di rumah, tapi kadang aku masukin ketimun juga loh. enak hehehe.

    iya Mbak EM, ketimun juga seger ya…
    bulan puasa kemarin aku juga bikin tuh minuman berbuka pake ketimun diserut….
    beneran deh suegerrr……. 🙂
    salam

  4. mau coba ah dirumah… kayaknya enak tuh.. saya suka postingnya yang ini… lebih bahagia membacanya…. terima kasih


    hahahaa….postingan yg lain, bikin sedih ya Rom 🙂
    hayo dicoba…pasti suka deh, 🙂
    salam

  5. monda says:

    enak .. enak ..
    belakangan ada juga yg bilang jus nanas bagus untuk daya tahan tubuh, udah pernah nggak mam?
    aku jadi pengen nyoba, tapi ngupas nanas itu yang bikin malas he..he…


    oh gitu ya BunMon?
    mau coba juga deh, kalau disini kebeneran tukang sayurnya mau kalau disuruh kupasin buah2an sekalian… 🙂
    salam

  6. mama hilsya says:

    bunda, aku juga hobi dibikinin jus #eh.. hehehe
    di sini, malah seringnya minum jus yg tetrapak gitu.. tau sih, pasti lebih aman kalo asli bikin sendiri..

    dan yg sering aku minum pasti yg vegetable mix.. campuran wortel ungu dkk-nya..

    happy tuesday, bunda… love you


    asiiiik….bikinin bunda dong sekalian ,Hilsya … 😛
    happy tuesday too dear Hilsya ……….
    love u 2…
    (peluuukk…..)
    selalu sehat ya Hilsya
    salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s