Suka tikus?
Hah? Apa? Tikus???
Iiih geli, jijik!!!
Ah, jangan ekstrim gitu dong.
Apa sih sebetulnya salah si tikus itu sehingga dibenci banyak orang?
Katanya tikus menyebarkan penyakit pes.
Gara gara  tikus, orang juga bisa kena leptospirosis, penyakit yg biasa muncul setelah banjir.

Tapi ada tuh tikus yang lucu, Mickey Mouse dan Mini Mouse !
Orang Menado juga ada yang suka makan daging tikus.
Ngomong ngomong  soal tikus, sebetulnya kita harus berterimakasih lho pada para tikus.
Karena merekalah para ilmuwan dapat membuat kemajuan dalam bidang pengobatan.

Pikir pikir  kasihan banget nasib mereka, soalnya para tikus itu dijadikan kelinci percobaan.
Kok bisa yach, padahal mereka kan tikus, bukan kelinci……hehehee………
Yang lebih aneh lagi, kenapa namanya kelinci percobaan bukan babi percobaan?
Padahal di sono noh bukanya mereka juga disebut guinea pig?

Di Jepang, para peneliti juga menggunakan tikus aka si mickey mouse itu sebagai kelinci percobaan.
Feb 9, 2009 Kantor berita Reuters melaporkan kabar gembira.
Telah diketahui adanya enzim yang kabarnya dapat mengendalikan kanker payudara.
Penemuan itu diharapkan dapat dijadikan landasan untuk menciptakan terapi baru untuk menahan perkembangan kanker payudara.

Enzim yang dimaksud adalah si CHIP.
Gak tau juga apa ada hubugannya dengan potato chip…….. hihihihihiii
CHIP ini bisa mematahkan pertumbuhan kanker dengan menurunkan sejumlah protein yang menyebabkan kanker.
Enzim ini secara alamiah terdapat dalam jaringan payudara manusia.

Dalam artikel yang muncul di Nature Cell Biology, para ilmuwan itu mengatakan bahwa mereka menyuntikkan dua jenis sel kanker payudara ke tubuh dua kelompok tikus.
Kelompok pertama juga disuntuk enzim CHIP, yang kedua tidak.
Iiih..tega banget dan kejam yaaa……….hiks
Oh, tikus yang malang………..

Tumor dalam kelompok pertama jauh lebih kecil daripada tumor di kelompok yang lain, demikian kata Junn Yanagisawa dari Graduate School of Life and Environmental Sciences, University of Tsukuba di Jepang.
Hasil serupa tampak dalam eksperimen yang dilakukan bersamaan dengan menggunakan sel kanker payudara yang lebih ganas.

“Kesimpulannya adalah kita telah menemukan protein CHIP yang mencegah pertumbuhan kanker payudara dan metastasis,” kata Yanagisawa.
Metastasis adalah tersebarnya kanker dari tempat pertama kali ia muncul ke bagian tubuh lain.
Kondisi seperti ini disebut Stadium 4 dengan pengobatannya yang lebih susah dan bahkan dapat berakhir dengan kematian.

“Dalam pengobatan tumor payudara, pengukuran tingkat protein CHIP dalam tumor itu bisa menjadi informasi yang berharga.
Selanjutnya, merancang terapi baru yang meningkatkan tingkat protein CHIP atau aktivitasnya dapat bermanfaat bagi pengobatan tumor payudara,” kata Yanagisawa.
Mari kita ucapkan terima kasih pada pahlawan kanker, para peneliti dan juga para tikus  aka si mickey mouse yang telah kehilangan nyawanya demi kita-kita ini.

Salam

Sumber : uk.reuters.com/scienceNews

Advertisements

About fadecancer

I'm cancer survivor

13 responses »

  1. hilsya says:

    aku udah temenan ama tikus, hehe..


    hiiii……jangan ngajak2 bunda utk temenan juga akh, sama si tikus ,Hilsya :mrgreen:
    salam

  2. monda says:

    mamih … pernah lihat di mobil dinas punya departemen begini judulnya, mungkin bisa dianalogikan dengan nasib para hewan percobaan, entah kelinci, tikus, simpanse, atau domba :

    Kita menolong Hutan, Hutan Menolong Kita

    kita semua diciptakan untuk saling memberi manfaat satu sama lain bukan?

  3. Evi says:

    Bun, semalam aku bincang2 dengan beberapa teman mengenai biotechnolgy..Menurut rumor saat ini diam-diam ada ilmuwan yg sedang mengembangkan nano teknolgy, yg akan mengatur tingkah laku sel-sel hidup dalam makhluk hidup. Tujuan mereka adalah ingin mengendalikan penyimpangan pertumbuhan sel seperti yg dialami para penyitas kanker. Mari kita doakan bersama, semoga penelitian mereka benar adanya dan sukses hasilnya..Setidaknya suatu saat umat manusia bisa memahami mengapa tiba-tiba sel kita menyimpang pertumbuhannya..:)

  4. lozz akbar says:

    ALhamdullillah ya Bun.. secercah harapan tentunya penemuan itubagi saudara-saudara penyintas kanker payudara

    ya ,insyaAllah, mudah2an ya Uncle 🙂
    salam

  5. Imelda says:

    Iya nih tikus-tikus itu kasihan ya… ditakuti, disebeli padahal sangat berguna untuk kemajuan pengobatan sekarang…
    Tapi tetap deh aku tidak mau pelihara atau pegang tikus hehehe

    tos dulu….
    iya, disebelin, padahal justru manfaat buat manusia ya Mbak EM…
    dasar nasibmu kus tikus …. 🙂 *prihatin*
    salam

  6. tunsa says:

    hihi… aku juga geli ma tikus, pernah jariku digigitnya bun 😦
    alhamdulillah smoga makin banyak hal2 bermanfaat lagi untuk penyembuhan kanker..
    be best survivor Bunda 😀


    waduh, kok bisa sih sampai jarinya digigit tikus ,Ri?
    gmana cerita nya tuh …..

    aamiin, insyaallah Ri, bunda terus berusaha jd best survivor 🙂
    salam

  7. kasihan ya jadi tikus pikir pikir, jadi sebaiknya sekarang kita tangkep saja tikus tikus itu dan dimasukin ke lab buat object percobaan ya… kalau dulu SMA memang belajar operasi tikus.

    hiiii….untung waktu SMA bunda cuma belajar operasi katak doang, bukan tikus ……
    salam

  8. wah baru dengar tentang penemuan ini Bunda, semoga ini menjadi tambahan semangat dan harapan positip untuk sodara-sodara kita yang mengalami kondisi ini.
    Saya berpikir CHIP bukan potato, malah terbayang keping perangkat komputer dan Polisi jalan raya yang sempat terkenal di Tipi.
    Semoga Bunda selalu dilimpahkan kesabaran

    oh iya ya , dulu ada film polisi patroli bermotor CHIP , bintangnya Eric Estrada ya kalau gak salah 🙂
    aamiin ya Rabb……….
    terimakasih banyak utk doanya Pakies 🙂
    salam hangat utk keluarga
    semoga selalu sehat
    salam

  9. nah itu yang menjadi pertanyaany saya bun… kenapa harus tikus yg selalu dijadikan objek penelitan bidang kesehatan tersebut???

    waduh, bunda kurang tau juga tuh Jo
    mungkin bisa tanya sama si Oom Google yaa…….
    pasti ketemu deh jawabannya disana 🙂
    salam

  10. imamboll says:

    tikus memang hewan coba yang baik bunda utk praktek

    saya di farmasi sering mbetet’i tikus setelah selesai praktek

    salam kenal bunda ^^

    hiiii………..kasian, sekaligus jijay ,Imam
    bunda gak tega mbayanginnya …. 😦
    abis gimana lagi yaaaa………..sdh nasib mereka kayak gitu, kudu jd percobaan…….demi manusia …..
    salam

  11. Sang tikus selalu menjadi percobaan, kasihan ya..


    iya, si tikus terpaksa mengorbankan diri demi manfaat utk manusia
    salam

  12. LJ says:

    dulu waktu eMak bantu penelitiannya dosen tentang manfaat teh hijau juga menggunakan tikus putih sebagai “kelinci percobaan” tiap hari dikasih minum sari teh hijau.. yang engga tega waktu harus disemblih semua.. diambil tulang rahangnya buat dicek giginya satu persatu.. kejam beneeerrr… semoga pengorbanan mereka gak sia2 ya mam..

    hiiiii……untung mamih gak ikut2…. 😦
    biarpun doyan teh hijau, untung gak ketemu sama dosennya eMak, bisa2 mamih dijadiin percobaan 😦
    heheheee…………….
    salam

  13. choirul says:

    wah tikus ternyata sangat bermanfaat ya… g apa-apa deh buat kelinci percobaan

    sudah nasibnya si tikus ya Rul 🙂
    jadi kita memnag hrs terimakasih juga sm si tikus yg menjijikkan ini
    salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s