Mungkin kanker bisa disamakan seperti dedemit atau makhluk halus.
Banyak orang yang bergidik mendengarnya, namun belum begitu paham seperti apakah wujud dan cara kerjanya.
Karena hanya tahu bahwa penyakit ini sulit disembuhkan, orang sudah membayangkan hal yang mengerikan.

“Kanker sebenarnya adalah sel tubuh yang mengalami mutasi genetik sehingga berkembang melebihi perkembangan sel normal.
Sel-sel normal memiliki kemampuan untuk tumbuh, namun dia mortal (bisa mati), memiliki batas pertumbuhan.
Sedangkan sel kanker immortal (tidak dapat mati/abadi) dan terus berkembang tak terkendali tanpa ada batasnya,” terang Dr dr Andhika Rachman, SpPD, dokter ahli kanker dari RS Kanker Dharmais kepada detikHealth, Rabu (26/9/2012).

Sel-sel kanker biasanya berkelompok atau mengumpul membentuk tumor.
Gumpalan ini akan menghancurkan sel-sel normal di sekitarnya dan merusak jaringan tubuh yang sehat.
Yang unik dari sel-sel kanker adalah adanya kemampuan untuk membentuk pembuluh darah sendiri atau disebut dengan angiogenesis.

Sebetulnya angiogenesis adalah sebuah proses yang sehat.
Tetapi pada kanker, proses pembentukan pembuluh darah ini akan membuat tumor memiliki jaringan pembuluh darah sendiri sehingga membuatnya tumbuh dengan cepat dan ganas.

“Karena tumbuh tanpa batas, terjadilah nekrosis sentral, yaitu kematian sel-sel kanker di bagian pusat kanker.
Inilah sebabnya mengapa seringkali ditemukan luka membusuk di bagian tengah kanker.
Sel-sel kanker yang baru selalu tumbuh dan sel-sel kanker yang lama kurang mendapat asupan lalu mati,” papar dr Andhika.

Lebih lanjut lagi, dr Andhika menjelaskan bahwa awalnya kanker berkembang secara lokal, yaitu hanya di bagian tertentu dari tubuh saja.
Namun jika sudah berada dalam tahap lanjut, sel-sel kanker bisa mengalami metastasis atau menyebar dalam aliran darah dan menyerang bagian-bagian lain dari tubuh.

Misalnya kanker usus yang awalnya hanya menyerang area lokal saja.
Pada stadium lanjut, kanker ini dapat menyerang getah bening.
Setelah sampai di pembuluh getah bening, sel-sel kanker bisa menyerang paru-paru hingga otak.

“Yang mematikan adalah karena kanker ini seolah-olah dapat membuat cabang di berbagai organ tubuh lainnya.
Sel kanker ini menyerap nutrisi dan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga membuat penderitanya kurus, pucat dan lemah.
Akibatnya pasien jadi menurun nafsu makannya. Kebanyakan pasien kanker meninggal dalam kondisi kurang nutrisi,” pungkas dr Andhika.

Salam

Sumber :detikhealth.com

Advertisements

About fadecancer

I'm cancer survivor

6 responses »

  1. hilsya says:

    senyum-senyum baca tulisan ini.. serasa dejavu
    persis kayak materi handoutku, beberapa bulan lalu
    dulu sih bingung.. dosennya ngomong apaan pula
    sekarang.. masih tetep bingung kalo udah ngomongin mekanismenya..

    alhamdulillah belajar banyak..
    TFS, bunda

    hehehe… Hilsya ini bener2 deh menganut ilmu padi
    yang selalu merendah padahal luar biasa hebatnya dirimu šŸ™‚
    (ikut bangga bisa menjadi salah satu sahabatmu)
    semoga sukses ya Hilsya sayang ………
    love u
    salam

  2. monda says:

    mudah2an akar sel bandel itu bisa tercabut semua ya

  3. applausr says:

    baru tahu juga kanker cara kerjanya.. serem juga ya.. tapi kayaknya bisa disembuhkan ya.. tinggal gimana caranya menghentikan penyebarannya.. kalau berpuasa artinya juga bagus ya bunda… ?

  4. baru tahu juga kanker cara kerjanya.. serem juga ya.. tapi kayaknya bisa disembuhkan ya.. tinggal gimana caranya menghentikan penyebarannya.. kalau berpuasa artinya juga bagus ya bunda…

  5. Imelda says:

    Baru aku mau bilang seperti benalu…ternyata mbak evi sudah katakan…

  6. evi says:

    Cara hidupnya mirip benalu ya Bun, menghisap sari makanan dari hostnya, sampai sang host tak kebagian untuk dirinya sendiri. Ternyata egoisme bagian dr alam ya Bun šŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s