Dua sampai tiga cangkir kopi sehari kelihatannya dapat mengurangi resiko terkena kanker atau memperlambat serangan kanker.
Begitu hasil riset terbaru dari Lund University dan Malmo University di Sweden.

Sebetulnya ini bukan berita hangat.
Soal ini sudah pernah pernah diungkapkan oleh peneliti lain beberapa waktu yang lalu.
Tapi tetap saja menarik untuk disimak.

Kabar yang dilansir oleh http://www.medicalnewstoday.com/ ini menunjukkan bahwa dampak kopi terkait dengan estrogen, yaitu hormon perempuan.
Produk metabolisme tertentu dari hormon ini dapat menyebabkan kanker dan berbagai komponen kopi mengubahnya menjadi kurang berbahaya.
Lagipula, kopi mengandung kafein, yang juga menghambat pertumbuhan sel kanker.

Kalau begitu, apakah para pasien di RS Kanker perlu segera diberi minum kopi setiap hari?

Tidak secepat itu.
Riset yang dilakukan terhadap 460 pasien kanker payudara ini menunjukkan bahwa kopi ini dapat mengurangi resiko terkena kanker hingga sepertiganya, terutama bagi perempuan dengan gen tertentu, yaitu jenis CYP1A2.
Waduh, gen jenis apa ini?
Aku sendiri nggak tau, tapi sekitar seperempat para perempuan diperkirakan mempunyai gen jenis ini.

Manfaat bagi perempuan dengan gen lain kurang begitu jelas meskipun tampaknya dapat memperlambat serangan kanker.

Tapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut, kata Helena Jernstrom, salah seorang peneliti itu, sambil menegaskan bahwa pihaknya belum berani memberikan rekomendasi agar para pasien minum kopi.

Rekomendasi Bagi Penyintas Kanker

American Cancer Society telah mengeluarkan tiga rekomendasi untuk meningkatkan kualitas hidup penyintas kanker (cancer survivor).

Rekomendasi itu mencakup aktifitas fisik, makan buah-buahan dan sayur-sayuran lima porsi sehari, dan berhenti merokok.

Rekomendasi diperkuat dengan kajian yang melibatkan 9.105 penyintas kanker, termasuk kanker payudara, dalam survei nasional tentang gaya hidup dan status kesehatan mereka.

• Hanya 14–19% penyintas kanker makan lima porsi buah dan sayuran per hari..

• Rekomendasi untuk melakukan aktifitas fisik hanya dipenuhi oleh 29–47% penyintas kanker.

Hasil kajian itu adalah:

• 82–91% penyintas kanker berhenti merokok.

• Secara keseluruhan, hanya 5% dari penyintas kanker menuruti ketiga rekomendasi itu.

Analisa selanjutnya menunjukkan bahwa tampak kualitas hidup yang lebih baik di antara penyintas kanker yang memenuhi rekomendasi tersebut, terutama rekomendasi tentang kegiatan fisik.

Salam

Referensi  : medicalnewstoday

Advertisements

About fadecancer

I'm cancer survivor

7 responses »

  1. Orin says:

    Horeeeeyyy…tapi Orin paling satu cangkir aj sehari Bun 😀

    bunda 2 cangkir setiap hari ,Orin 🙂
    salam

  2. sayangnya badan sy gak kuat kl minum kopi bun..

    tapi ini sih katanya masih dlm penyelidikan lebih lanjut gitu lho ,Myra
    jadi, ya gak usah dipaksain kalau gak bisa minum kopi , ngeteh aja deh 🙂
    salam

  3. applausr says:

    wah ada untungnya juga suka minum kopi nih ya… yang penting itu olah raga ternyata ya….

    iya, bener Rom, olahraga ringan sekalipun tetap penting utk kesehatan kita
    salam

  4. kakaakin says:

    Wah… ternyata rasa malas atau mungkin lelah ya, masih menguasai para penyintas Ca…

    malas dalam artian kadang sudah tidak mampu lagi melawan kelelahan dan ke fatik kan, Kak
    salam

  5. Gula Aren says:

    Untunglah selama ini aku minum kopi Bun..Terutama kalau sedang mumet atau haid yg diringi sakit kepala. Cuma kopi encer sih sebab yg kental bisa bikin jantungku deg-an 🙂

    padahal kopi kental itu yg nikmat ,Evi 🙂
    ( ngomporin nih) hehehe…. 🙂
    salam

  6. imamboll says:

    untuk mbak nique, minum kopi terlalu banyak akan membuat wajah lebih gampang keriput mbak

    untuk bunda, terima kasih udah berbagi info ^^

    keep smile bunda

  7. niqué says:

    aku gak suka kopi bun
    kira2 ada hubungan minum kopi sama menghitamkan kulit gak bun xixixxi #lost focus


    nah tuh , dah dijawab oleh Imam, Nik 😛
    salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s