Goodbye…kata kata perpisahan begini, biasanya diucapkan dengan menunjukkan mimik wajah yang sedih.
Malah ada yang berurai airmata segala…..aka nangis bombay..
( jadi inget tiap kali pisah sama eMak Adel aku selalu nangis)
Nah, kalau yang satu ini aku malah seneng banget bilang goodbye
(dengan wajah dan perasaan happy)
karena aku mengucapkan goodbye nya pada si nyeri ini, yang seringkali menyerangku akibat si kanker busuk ini.

Goodbye ini biasanya terucap dengan bahagia, setelah meminum si pain killer
Walaupun aku tau , gak lama lagi juga si nyeri ini akan datang lagi.
Paling gak sementara dia gak ada , boleh dong aku ber happy ria…..heheheee…. mumpung .

Namanya orang sakit, ya wislah…., kuterima kenyataan pahit ini… bahwa aku sudah kena kanker.
Stadium lanjut pula.
Tapi bukan berarti diam diam, santai atau malah putus asa lho ya……….
Perjuangan masih berlanjut untuk mengalahkan si kanker busuk.
Yang paling menjengkelkan adalah sakit ini juga diikuti dengan rasa nyeri di bagian tertentu yang sakitnya minta ampun.

Rasa sakit atau pain dalam bahasa Inggris merupakan hal yang sangat menjengkelkan (bukan bahasa Perancis, lho, di Paris pain itu enak dimakan.. artinya roti) .
Kalau tidak diatasi, rasa sakit itu, atau nyeri, bisa bener bener membuat pasien menderita.

Baru baru ini aku baca tulisan seorang penyintas kanker di Amerika sana yang menulis sbb:

Pain is BAD. BAD. BAD.
Pain interrupts sleep.
Pain decreases mobility.
Pain decreases endurance and energy.
Pain strains resources by producing such symptoms as fatigue, depression, and constipation.
Pain can also impair the immune response — and your ability to get better.
Unrelieved pain may cause permanent damage to the nervous system.
Pain is bad.
Really bad.

Pokoknya PARAH…….. PARAH………. PARAH…deh…..

Aku seneng banget ketika hari ini aku bangun dan merasakan ada yg lain.
Kok nggak sakit ya? Tadinya aku nggak mau terlalu senang.
Takut kalau itu hanya mimpi.
Ternyata, beneraaaaan……………nggak sakit!!!! Horreeee….

Alhamdulillah, Ya Rabb……..( buru buru sujud syukur)
Padahal biasanya disentuh saja bisa sakit…………….

Kemarin pagi aku masih minum tramadol dan paracetamol, tapi karena seharian nggak sakit, malamnya aku puasa obat.
Padahal biasanya aku minum 2 tramadol, 2 paracetamol (atau 1 paracetamol dan 1 dexamethasone) .
Hanya saja, mungkin karena semua obat kuhentikan dengan drastis, maka tidurku terganggu.
(kadang ada rasa bosan minum obat) dan ini gak boleh banget, kudu telaten deh.

Malam itu aku terbangun sampai 4 kali, gelisah rasanya.
Tulang punggung juga terasa sakit.
Dan bangun tidur rasanya lemes sekali.
Karena itu sekarang sebelum tidur aku minum 1 tablet paracetamol.
Gangguan sedikit berkurang, tapi masih ada.

Rasa sakit atau nyeri itu tidak pergi begitu saja.
Berbagai usaha sudah dicoba.
Waktu itu pak dokter mengatakan bahwa rasa nyeri itu bisa saja merupakan β€œkiriman” (kayak banjir kiriman dari Bogor aja ya…hehehe… )dari sel sel kanker yg bercokol di beberapa tempat di tubuhku.

Eh ya, mulai minggu kemarin aku minum Tahitian Noni, kiriman dari Oom ku yang dokter ahli anestesi.
Kapsul daun sirsak juga teh sarang semut , kiriman seorang teman, pilot yang sering terbang ke Papua sana.
Gabungan pengobatan modern dan tradisional memang bermanfaat, apalagi ditambah dukungan dari kiri dan kanan, atas dan bawah…. maksudnya dari anak anak, kerabat, saudara, teman dan tentu pastinya pak dokter yg baik…

Jadi………..goodbye pain for today
maunya aku sih selamanya bilang goodbye ……mudah2an, aamin………….

Salam

About fadecancer

I'm cancer survivor

4 responses »

  1. kakaakin says:

    Alhamdulillah… Nyeri-nya berkurang ya, Bunda. Bagi sebagian orang, paracetamol bahkan gak ngefek. πŸ™‚

    ya Kak, alhamdulillah banget πŸ™‚
    buat bunda jg kalau hanya sekedar paracetamol gak begitu mempan
    tetap harus ditambah tremadol πŸ™‚
    salam

  2. Orin says:

    Aamiin…semoga bisa goodbye selamanya buat si pain ya Bun.
    tetap semangaaaat^^


    he eh Rin, pengeeeeen banget …say goodbye forever to those pain πŸ™‚
    salam

  3. applausr says:

    wah ikut seneng bacanya Bunda… semoga benar benar hilang semua painnya.. salam.


    bunda juga surprise lho Rom
    ketika si pain gak datang …. πŸ™‚
    terimakasih utk doanya ya Rom …
    salam

  4. mama hilsya says:

    beberapa hari ini saya selalu bangun dg perasaan nyeri
    mau ke RS.. tp ketauan ketauan segala macem..

    semangat bunda
    love you

    mudah2an nyeri nya hanya karena kebanyakan jalan jalan ya Hilsya
    bukan sesuatu yg serius πŸ˜›
    terimakasih utk supportnya Hilsya sayang……… πŸ™‚
    love u too
    salam

Leave a Reply

