Sampai sekarang aku masih diet.
Lho kok?
Sudah kurus kerempeng gitu karena berat badan terjun bebas sampai turun 25kg, masa’ sih masih diet saja??
Eits, Tunggu dulu………
Aku itu diet dalam rangka menghindari MSG (vetsin), makanan yang mengandung kolestrol tinggi seperti udang dan cumi, serta mengurangi daging merah, garam dan gula.

Di samping itu sedapat mungkin makan banyak sayuran dan buah-buahan.
Tapi sekali waktu, misalnya dalam acara di luar rumah,
aku juga tidak menolak makan enak, asalkan takaran tidak berlebihan dan tidak sering.

Makan daging dan ikan itu perlu, khususnya untuk menambah tenaga.
Tapi ya secukupnya saja dan jangan makan lemak dan kulitnya, apalagi tulang dan durinya…heheeee……….

Sebetulnya, banyak juga orang yang kabarnya jadi gemuk setelah terdeteksi kanker.
Soalnya mereka stres dan lari ke makanan.
Padahal mestinya lari beneran ya, biar sehat.
Selain itu berat badan juga bisa meningkat karena jarang bergerak dan pengaruh obat.

Sebaliknya, banyak juga yang jadi kurus karena kehilangan nafsu makan, mual dan muntah muntah serta sariawan.
Seperti aku ini, yang tiap kali selalu merasa mual dan kalau makan pun akhirnya muntah (si mr.jackpot ini masih saja setia menemaniku).
Tapi, aku khan ndableg, begitu selesai muntah, yaaaa……makan lagi….hahahaa………
daripada aku malah nantinya malnutrisi, ya gak??

Itu semua adalah efek dari kemo dan radioterapi.
Aku sih gak kemo, tapi efek dari si obat herbal yang aku konsumsi sama dengan kemo itu.
Tapi bukan itu saja.
Pasien yang menjalani kemo dan/atau radioterapi juga bisa gampang lemas, kehilangan rambut, mengalami menopause dini, kulit kering dan rentan terhadap infeksi.

Bagaimana mengatasinya? Mari kita lihat satu persatu.

1. Jadi gendut

Cara paling efektif adalah dengan mencegah jangan sampai makan berlebihan dan banyak begerak.
Jangan melakukan diet ketat tanpa konsultasi dengan dokter.
Usahakan berolah raga ringan sedikitnya tiga kali seminggu selama 30 menit.

2. Tak ada nafsu makan.

Untuk menambah selera makan, santaplah makanan favorit (yang sehat).
Makanlah dalam porsi kecil tetapi sering.
Kalau sedang makan, jangan disela dengan minum karena itu bisa membuat kenyang dan mengurangi nafsu makan,
juga merangsang keinginan untuk muntah.
Lakukan olah raga ringan untuk meningkatkan nafsu makan.

3. Mual dan muntah.

Ada obat anti mual dan muntah yang diberikan oleh dokter.
Rasa mual bisa menyerang langsung begitu kemo selesai atau beberapa hari kemudian.
Makan dalam porsi kecil tetapi sering.
Hindari makanan yang berlemak dan asam, terlalu panas atau terlalu dingin.
Coba makan yang tawar seperti crackers, kentang rebus atau kentang tumbuk, dan nasi.
Sayur bening kayaknya enak juga tuh.

Boleh juga minum jus buah, asal jangan terlalu banyak sehingga jadi kenyang duluan…
Wedang jahe juga bisa membuat perut jadi lebih enak.

3. Lemes dan capek

Banyak penyebab rasa lemas dan capai di samping pengobatan itu sendiri.
Di antaranya adalah rasa khawatir atau stress, kurang makan, kurang gerak, dan Hb yang turun.
Resep pertama untuk mengatasinya adalah dengan istirahat secukupnya.
Idealnya tidur minimal 8 jam.Β Jangan minum kopi kalau itu bikin susah tidur.

Batasi gerakan fisik, jangan angkat barang barang yang berat seperti beras dalam karung, aqua galon, semen, tas, koper.. apalagi kalau itu milik tetangga…….hahahaaaaa…

Banyak2 menyantap makanan yang mengandung besi seperti bayam, biar kuat kayak Popeye.

Badanku lemes dan cepat capek karena aku suka lupa diri dengan keadaanku yang sekarang, Hb juga turun.
Untuk meningkatkannya, aku minum sangobion atau Hemaglobin 2×1 ditambah dengan folid acid 1×1.
Untuk folid acid, aku minum yg generik, murah meriah, hanya Rp 100/tablet.

4. Sariawan.

Pernah kepikir nggak, kenapa disebut sariawan?
Perpaduan dua kata, sari dan awan.
Mungkin karena penyakit ini bentuknya seperti awan menempel di gusi.. Hiiii… (ngarangdotcom banget)……

Kalau aku pas kena sariawan.
Aku minum A**m Sa*i. Manjur, sebentar hilang.
Tapi kemudian muncul lagi.
Meskipun sudah minum pereda panas dalam lainnya dan Chrysanthemum selain obat kumur dari dokter yang mahal harganya, tapi nggak sembuh juga…………

Jadi mendingan coba mencegah timbulnya sariawan dengan berkumur setiap habis makan, kalau perlu gunakan obat kumur.
Jangan sampai ada sisa makanan yang tertinggal karena itu dapat memicu timbulnya sariawan.

5. Kulit kering.

Efek dari pengobatan kanker kulit jadi lebih kering.
Kudu sering sering pakai pelembab, jadi lumayan deh.

 

 

6. Menurunnya daya tahan terhadap infeksi.

Kemo atau radiasi dapat mengakibatkan berkurangnya sel darah putih, yang sangat penting sebagai benteng terhadap infeksi.
Jauhi orang dewasa atau anak anak yang sedang sakit.
Hindari kerumunan banyak orang, jangan berdesak-desakan nonton topeng monyet, atau ikutan antre sembako……..heheheeee….

7. Menopause dini.

Dosis tinggi kemoterapi atau radiasi dapat memberikan dampak buruk pada ovarium sehingga haid berhenti.
Cepat atau lambat, menopause akan datang.
Jadi, tidak perlu terlalu dirisaukan.
Malah enak, tak perlu pakai pembalut…
Dan, ibadah jadi lancar, gak ada bolong bolongnya …
Selalu ada hikmah di tiap kejadian, ya khan??? iyaa…dooong!

Salam

Advertisements

About fadecancer

I'm cancer survivor

7 responses »

  1. alaika says:

    wah triknya juga cocok nih untukku bun… tapi kok sulit banget menurutinya yaa? Apalagi untuk olah raga teratur, duh susah banget… kayaknya udah setahun ini deh aku ga olah raga bun…. hihi.

    Ntar dicoba lagi deh, terutama tips menghindari jadi gendutnya, πŸ™‚

    thanks for share ya bund…. pasti bunda masih tidur nih saat aku berkunjung kan ya? hihi

    memang olahraga utk memulainya pasti sulit, itu pernah bunda rasakan juga Al
    sekarang sih krn sudah jadi kebutuhan, malah gak enak rasanya ya kalau gak olah raga ….
    ( hehehe….sok iye banget sih si bunda ini …..hehehe ) πŸ˜›

    yeee…salah lagi, bunda masih melek tuh Al…. πŸ˜›
    belum bisa tidur nih …….
    salam

  2. Orin says:

    Duh, kalah nih sama Bunda, aku olahraganya cuma seminggu sekali, itu pun ga tiap minggu hiks…


    khan bunda pengangguran Rin, jadi ngapain lagi?
    ya udah, olah raga aja deh … πŸ˜›

    salam

  3. monda says:

    mam…ini tips untukku yang makin gembil deh…tau aja deh he..he…
    itu emonya kok lucu2 sih mam ..mau dong..

    hehehee….BunMon khan endutnya cuma karena abis tour de ranah minang itu aja, ngaku deh πŸ˜›
    sekarang sih pasti kutilang lagi khan??

    itu bunda minjem dr si oom google kok BunMon 😳
    salam

  4. Ely Meyer says:

    sependapat dgn bunda nih, memang setiap kejadian sellau ada hikmah yg bisa kita petik πŸ™‚

    ya Elly, gak ada yang sia sia dr tiap kejadian πŸ™‚
    salam

  5. JNYnita says:

    Susah sekali buuun mengurangi minuman teh botolan, sekarang lagi coba diganti dgn air madu…


    waduh !!!
    cepetan atuh…….buruan dihentikan minuman yg berpengawet kayak botolan gitu Nita πŸ˜›
    salam

  6. narno3 says:

    bagus sekai T2 nya bunda makasih sudah berbagi

  7. Imelda says:

    selalu ada hikmah di setiap kejadian! Amin
    sepertinya trik yang bunda tuliskan juga cocok untuk orang yang sehat kok.
    Tadinya saya mau diet carbo, eh tapi ternyata dalam musiim dingin tidak kuat tanpa carbo 😦 Jadi tetap makan tapi sedikit sekali

    hiiii…sudah mulai dingin ya di Jepang ….brrrrrrr……

    syukurlah, kalau bisa dipakai juga tips ini utk orang2 sehat Mbak EM πŸ™‚
    kalau aku sih, disini aja gak kuat kalau diet carbo….langsung lemeeeesss……… hehehe πŸ™‚
    apalagi Mbak EM dimusim dingin gituh….

    salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s