Orang bilang:  “you are what you eat”.
Klise, tapi 100% benar.
Kalau terlalu banyak makan junk food, kita bisa jadi junk… eh, junky… eh.. salah lagi..
Junk itu artinya sampah sedangkan junky adalah drugs addict, pecandu narkoba.
Junky biasanya kurus kering, tetapi junk food bisa membuat kita endut….

Bukan sekadar endut, tapi super endut alias obesitas.
Itu jelas merepotkan.
Baju dan celana jadi kesempitan, kulit jadi sering lecet karena gesekan, gerakan jadi lamban dll.
Bahkan bisa terkena penyakit kencing manis, mengalami gangguan ereksi dan meningkatkan risiko keguguran pada ibu hamil (lha iya, masa pada bapak hamil.. hehehee… ).

Memang betul, kita semua tahu bahwa makanan sangat berpengaruh dalam kehidupan kita.
Makanan tak sehat merupakan salah satu faktor pemicu berbagai macam penyakit.
Sebaliknya, kalau kita setiap hari makan sayur mayur dan buah-buahan serta makanan sehat lainnya,
maka tubuh kita tentunya juga bisa lebih sehat.
Apalagi kalau dibarengi dengan olah raga teratur…

Orang sehat perlu makanan sehat untuk menjaga agar badan tetap sehat.
Jangan mentang2 badan masih sehat, maka kita makan sembarangan.
Pandangan itu sangat berbahaya.
Namun sayangnya, banyak orang yang tidak menyadarinya.

You don’t know what you have until you lose it.

Kesehatan adalah sesuatu yang sangat berharga dan harus dijaga.

Tapi namanya juga manusia……………………
pada saat kita sehat, kita sering mengabaikan prinsip2 hidup sehat.
Kita cuek makan apa saja, yang penting enak dan kenyang.

Opor ayam, rendang padang, gule dan sate kambing, soto betawi full jerohan, udang, cumi..
dan berbagai santapan berkolesterol tinggi yang membuat lidah asyik bergoyang………………
Baru ketika sakit atau ketika hasil check-up menunjukkan tanda-tanda zaman….
barulah kita mulai merasa perlu untuk mengurangi makanan yang kurang sehat.

Tak ada kata terlambat untuk menghindari makanan tak sehat dan mulai menyantap makanan yang lebih sehat.
Bagi yang sudah sakit, makanan sehat merupakan keharusan yang tak dapat ditawar.
Apalagi bagi penderita kanker.

Pada bulan Juni aku ikut acara kumpul-kumpul.
Yang jadi MC namanya Anna( bukan nama sebenarnya), seorang ibu muda yang energik.
Dia ini penyintas kanker, lho…
Penyakitnya sempat parah sekali sampai2 dia nggak bisa jalan.
Tapi Anna pantang menyerah.
Diet ketat pun dilakukan dengan dukungan luar biasa dari keluarganya.
Bravo... Anna.
Anna berhasil survive dari kanker rahim stadium 4 yang dideritanya……

Aku juga diet, tetapi tidak terlalu ketat.
Setiap hari aku usahakan untuk selalu minum jus buah sebanyak mungkin, dan tentunya sayuran segar,
menghindari gorengan, lebih memilih masakan rumahan yang tanpa pengawet, pewarna buatan maupun penyedap.

Dan, Alhamdulillah, aku sampai sekarang masih baik baik saja………
Walaupun kadang “ngidam” juga sih dengan jajanan yang merasuk sukma , merangsang selera itu……

Salam

Advertisements

About fadecancer

I'm cancer survivor

3 responses »

  1. hilsya says:

    jajanan yang merasuk sukma , merangsang selera itu……
    apakah gerangan itu? 🙂

    hehehehee…..kesukaan bunda juga dulu tuh Hilsya …. 😛
    si gorengan , makanan yg gurih2 nikmat menggoyang lidah, padahal tidak sehat …. hahahaaa. 😀 😀
    salam

  2. ceritabudi says:

    Bunda saya absen yach…gimana Bunda sehat bukan?…kami semua sehat Bunda

    Alhamdulillah, bunda saat ini lumayan baik2 saja Budi 🙂
    senang mendengar Budu dan keluarga sehat2 dan baik2
    titip sayang bunda utk Melati dan anak2 yaa,Budi 🙂
    salam

  3. niqué says:

    xixixi iya ya bun emang gak gampang tapi pasti bisa klo mau ya bun
    saya masih angin2an bun
    masih sering lupa
    tapi klo dibuat statistiknya ya lumayan deh moga2 sih berimbang hehehe

    bener banget Nik

    memang kudu pelan2 , dan bertahap, lama2 juga nantinya terbiasa makan makanan yang sehat … 🙂
    semoga Nik , Aa dan Egy selalu sehat dan sukses ya….. aamiin
    salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s