Dulu, pagi dan siang hari aku cukup minum paracetamol, tapi sekarang perlu ditambah dengan 2 tablet tramadol.
Setelah makan malam aku minum tramadol ditambah dengan paracetamol atau dexamethasone plus amitriptyline 25 mg.
Amitriptilyne ini adalah obat penenang, yang betul-betul dapat menenangkan alias membuat kita terkantuk-kantuk.

Tapi ternyata tidurku juga tak terlalu nyenyak.
Sebelum subuh aku sudah terbangun karena rasa nyeri.
Dari konsultasi dengan dokter, barulah sadar bahwa efektivitas obat-obat itu juga terbatas.
Biasanya sekitar 6-8 jam.
“Minum obatnya sebelum tidur saja,” kata pak dokter.

Aku berusaha minum obat dan tidur semalam mungkin.
Kalau aku bisa tidur jam 12 malam, maka aku akan bangun paling cepat jam 6 pagi, begitu pikirku.
Taktik itu cukup berhasil untuk beberapa waktu.
Aku memang sering mengalami kesulitan tidur, tetapi daya tahan tubuhku tak selalu baik.
Maklumlah, aku hanya manusia biasa… bukan wonderwoman...
Seringkali jam 9 malam sudah lelah sekali dan ingin tidur.

Ada kalanya aku tetap merasa sakit meskipun sudah minum tramadol dkk nya itu……….
Pernah aku coba minum MST Continus 10 mg.
Ini adalah obat kelas berat yang mengandung morfin.
Aku minum 1 tablet, tapi tidak manjur.
Mungkin harus dikombinasikan dengan obat lain agar efektif, tapi aku sendiri sedapat mungkin tidak meminumnya kalau masih bisa menahan rasa sakit.

Obat yang mengandung morfin ada yang bentuknya seperti koyok.
Namanya Durogesic atau fentanyl.
“Obat ini hanya boleh dipakai kalau tensinya minimal 100,” kata dokter memperingatkan.

Selembar koyok berukuran 7.5cm x 9 cm ini harganya cukup mahal.
Yang dosisnya 2.5 mg harganya Rp 129.000.di apotek RSPAD.
Efektivitas koyok ini katanya bisa bertahan selama tiga hari.

Selain Durogesic, ada koyok2 lain yang dapat menghilangkan rasa nyeri seperti Salonpas.
Ada juga obat yang berbentuk cream, seperti Voltaren, Counterpain dan Bengay (yang sudah tidak beredar di Indonesia), atau minyak seperti Mipi.
Buat aku, yang paling enak adalah minyak kayu putih….

Kalau diserang rasa sakit dan tidak cocok dengan satu jenis obat, jangan ragu2 untuk segera ke dokter.
Jangan ditunda-tunda,  karena semakin sakit, kita akan semakin menderita.
Selain jenis obat dan kombinasinya, waktu minum obat juga dapat mempengaruhi efektivitas pengobatan.

Jika sudah minum berbagai macam obat, tetapi belum berhasil, apa yang dapat dilakukan?
Aku biasanya suka melakukan hal hal berikut dibawah ini:

1. Menangis. Tapi jangan lama-lama.
2. Berdoa menurut keyakinan masing2.
3. Mencoba obat alternatif. Mulai beberapa hari yang lalu aku minum Propolis, sehari 5x 15 tetes.
4. Meditasi. Atau pengobatan dengan tenaga dalam seperti prana dan reiki.
Aku sendiri mempraktekkan pernafasan yoga yang kupelajari.
Lumayan sih……….
5. Menggunakan bantal atau sabuk penghangat elektrik. Aku punya alat berupa sabuk tebal berukuran 14cm x 45 cm, bertuliskan “Medica Belt Magnetic” dengan tali pengikat.
Terdapat kabel pada alat ini untuk dihubungkan ke colokan listrik.
Dalam beberapa menit, terasa panas dan kabel dapat dilepas.
Meskipun agak repot karena setiap kali harus memasang dan mencopot kabel, enak sekali rasanya memakai alat ini.
Sabuk ini dapat dibeli di toko2 yang menjual alat kesehatan, harganya rp160ribu………

Semoga bermanfaat……..

Salam

About fadecancer

I'm cancer survivor

15 responses »

  1. Ass…..

    Bunda tetap semangat, dan terus ceria ya ! Walau aku hanya dapat mengikuti dari setiap goresan kalimatmu, namun aku tetap percaya. Dari pengalaman ini akan dapat dijadikan suatu pelajaran dan ilmu untuk bagi rekan-rekan yang lain. Salam hangat dari kami.

    Sukses selalu
    Salam Wisata


    InsyaAllah, bunda kan tetap berusaha utk semangat terus Eja 🙂
    terimakasih ya Eja utk supportnya 🙂
    semoga selalu sehat dan sukses …
    salam

  2. kakaakin says:

    Kalu keluarga saya adalah pecinta minyak GPU, Bunda. Dari pegel2, sakit kepala, sampai bentol digigit nyamuk, semua pake GPU.
    Semoga diringankan oleh Allah ya, Bunda… Silakan mengadu pada-Nya…


    hehehe…kalau bunda sukanya minyak kayu putih Kak 🙂
    aamiin ya Rabb…
    terimakasih banyak ya Kak utk doa ,atensi dan supportnya 🙂
    salam

  3. Mechta says:

    Menangis kadang memang perlu ya Bunda.. untuk mengendurkan beban yg seakan menghimpit kita..namun kalau terlalu lama kadang malah jadi pusing juga di kepala…
    Bunda… yg sabar ya.. Semoga Allah mengganti tiap airmata & kernyit sakit Bunda, dengan pengampunan atas dosa / kesalahan Bunda.. Aamiin…

    aamiin ya Rabb….
    terimakasih banyak Mechta utk doa dan supportnya 🙂
    salam

  4. niken says:

    Ibu mertua adik saya kanker kelenjar betah bening, alhamdulillah skrg sembuh. Dgn ketawakalan kepada Allah dan tetap semangat dalAm berjuang melawan kanker.

    Salut sama bunda… Turut mendoakan untuk kesembuhannya.


    Alhamdulillah, ikut bahagia mendengar ada penyintas kanker yg “menang” melawan kankernya ….
    terimakasih banyak Niken utk doa dan supportnya 🙂
    salam

  5. monda says:

    Mamih, mengerti banget gimana rasa sakitnya …peluk mamih yang kenceng sampe ngos2an he..he…
    pasti ngalahin sakit gigi ya mam…
    tapi mamih yang ceria aku yakin bisa tetap tersenyum dan terbahak2 …


    peluuuuuuuuuuk BunMon juga … 🙂
    insyaAllah BunMon, semoga mamih bisa terus seperti ini ,aamiin
    salam

    • monda says:

      mam, Sailing itu salah satu lagu kesukaanku
      artinya dalem ya…,mari bernyanyi sambil berlayar di kehidupan mam…

      asiiikk…..ternyata lagu favorti kita sama ya BunMon 🙂
      yuk yuk…melayari kehidupan dgn tetap tersenyum ……… 🙂
      salam

  6. selalu tetap menjaga semangat dan berusaha ya bun..

    terima kasih banyak Myra sayang utk supportnya 🙂
    semoga bunda bisa dan mampu bertahan ,aamiin
    salam

  7. mintarsih28 says:

    kalau boleh tahu sakit apa ya mbak

    boleh, saya sakit kanker tulang rawan (chondrosarcoma) Mbak 🙂
    salam

  8. sunarno2010 says:

    semoga tetap tabah dalam cobaan NYA


    aamiin, terimakasih utk doanya Mas Narno 🙂
    salam

  9. Wong Cilik says:

    tetap semangat Bunda …


    yups…tetap semangat 🙂
    tks utk support nya ya Wong …….. 🙂
    salam

  10. applausr says:

    kalau baca tulisan ini kok saya jadi bisa ikut merasakan sakitnya… kelihatannya sakit banget ya Bunda… semoga diberikan kesabaran ya… dan tentunya tetap semangat ya…

    ya begitulah, Rom
    harus terus mencoba berteman dgn si rasa sakit ini 🙂
    tks banyak utk doa, atensi dan support nya Rom 🙂
    salam

  11. Jangan lupa untuk menyuntikkan semangat ya….

    ok, kudu itu Junita , tks 🙂
    salam

  12. Orin says:

    suamiku yg lumayan suka pake koyok salonpas itu Bun kalo pegel2 heuheu

    pastinya pake koyok setelah dipijitin oleh Orin ya khan?? hehehe 😛
    salam

  13. Pakde Cholik says:

    Ketika kejethit dan hampir lumpuh saya berobat ke Yayasan Patria Mitra Medika di Cisaat Sukabumi.
    Di sana saya bertemu dengan pasien dengan aneka penyakit.
    Pengobatannya sangat sederhana yaitu ditekan pada urat di bagian leher selama 2-3 detik. Ketika ditekan itu rasanya melayang-layang da lamaaaaaaaa sekali padahal hanya beberapa detik.

    Pak Harry, yang mengobati, belajar ilmunya di Taiwan selama 4 tahun lho.

    Di sana disiapkan juga tempat bermalam untuk pasien seperti villa utuk tiap pasien, dengan dua tempat tidur.sehingga Ipung bisa menemani.

    Setelah 3 bulan Alhamdulillah saya sembuh.

    Pengobatan ini pernah saya tulis di Blogcamp http://abdulcholik.com/2011/02/02/dari-jakarta-ke-situ-gunung/

    Semoga mbak Lily sabar dan segera diberi kesembuhan.

    Salam hangat dari Surabaya

    aku dah pernah baca artikel tsb di BlogCamp, Dheee…. 🙂
    intinya yg penting kita harus terus ikhtiar, doa dan tawakal khan ya Dhee…… 🙂
    terimakasih banyak utk doa, atensi dan supportnya ,Dheee 🙂
    salam hangat utk keluarga besar Galaxi ..:)
    semoga selalu sehat ,aamiin
    salam

  14. LJ says:

    makasih informasinya Mam,
    berteman dengan rasa sakit itulah yang sekarang mamih lalui,
    Insya Allah mamih selalu diberi kesabaran dalam menghadapinya.
    karena mamih adalah seorang yang tangguh dan penuh semangat

    ketjup selamat pagi wat mamih..

    kedatangan eMakku sayang kesini
    yang bikin mamih terus semangat Mak ……. 🙂

    *ketjup sayang dan peluk rindu utk eMak tersayang ….*

    salam

Leave a Reply

