Setiap kali menjalani suatu pemeriksaan medis, perasaan selalu bercampur aduk.
Di satu sisi, timbul rasa khawatir kalau ternyata hasilnya buruk.
Di sisi lain aku berharap agar tak ada peningkatan aktivitas sel-sel kanker atau penyebaran baru.

Badan terasa sakit jika penyakit itu sudah betul-betul parah.
Tapi jangan sampai menunggu sampai parah baru ketahuan …
Karena itulah diperlukan pemeriksaan medis secara rutin sesuai dengan anjuran dokter.

Dengan membawa hasil bone scan, aku menemui pak dokter di RSCM hari Jumat.
Hasil bone scan menunjukkan bahwa tak ada penyebaran baru.
Tetapi sebelum aku mendengarnya langsung dari pak dokter, rasanya kurang sreg.
Ternyata pak dokter memang mengatakan bahwa hasil bone scan ini kurang lebih sama seperti yang sebelumnya.
Lega dooong………
Tapi, eh……… Tunggu dulu.
“Untuk sementara ini pengobatan dilanjutkan seperti biasa,” katanya.
Aduh, berarti tiap bulan aku masih harus suntik dan infus.

Lho, kan hasil pemeriksaan ini baik baik aja dok..??
“Ya emang sih, tapi hasil ini sifatnya hanya sementara. Tetap ada kemungkinan bahwa suatu saat ini bisa meningkat,” katanya dengan raut muka serius.
Lalu ia menunjukkan hasil tes darah yang baru datang dari laboratorium.
“Tumor marker ini menunjukkan adanya peningkatan. Jadi bulan ini mesti CT scan dan X-ray,” katanya.
Pemeriksaan itu untuk melihat apakah ada penyebaran ke organ tubuh yang lain seperti paru-paru, hati, ginjal, usus, dll.
Saat ini kanker yang tadinya hanya menyerang lutut,sekarang sudah menggerogoti sebagian tulangku –itulah sebabnya aku secara rutin menjalani bone scan.

Tak ada basa basi dalam kata-kata pak dokter yang masih muda belia ini.
(umurnya 30tahunan lebih gitu lho, keren yaaa………).
( mau jadi mantuku gak pak dokter? eh, jangan jangan sudah punya isteri yaaa…….ini cuma tanya jawab dalam hatiku aja sih……hehehee)
Tak ada janji  janji surga.
Ia mengatakan ini tanpa maksud menakut-nakuti, tapi agar aku waspada.
Untunglah selama ini hasilnya menunjukkan bahwa kanker belum menyebar ke organ tubuh yang lain.
Seandainya ada penyebaran, bagaimana? hiiiiii……….
Ya tetep untung… karena ketahuan.
Lebih awal ketahuannya, lebih baik sebab itu berarti lebih dapat dilakukan penanganan dengan lebih cepat.

Oh ya, pak dokter juga memintaku untuk melakukan cek fungsi ginjal setiap kali sebelum menjalani infus penguat tulang dan menyesuaikan metode infusnya dengan hasil lab.

Jadi…………..mari kita bersyukur untuk hasil hari ini
…….walaupun babak belur, bosen dan capek, tapi……….. kudu, harus dan wajib berjuang, berjuang, dan berjuang ………
yuk, yuk….singsingkan lengan baju …….( untuk infus dan suntik lagi …….hiks hiks)

Advertisements

About fadecancer

I'm cancer survivor

20 responses »

  1. Salam kenal Bunda 🙂
    Saya salut dengan segala ketegaran dan semangat Bunda. tetap berjuang melawan kanker. Turut senang karena tidak ada penyebaran. Semoga Allah SWT melindungi Bunda dan keluarga

  2. Susanti Dewi says:

    Semangat terus ya Bunda, semoga hasil terbaik yg Bunda dapatkan.
    Salam kenal, dari Serang 🙂

  3. usagi says:

    mamihhhhh
    jadi masih single dokter nya,,
    cakep gakk
    #salahfokuss

    keep fighting mam

    hahahahaa……..kalau sama si “D” ya kalah lah si dokter…. 😛

    i will dear…i promise 🙂

    #peluksayang

    salam

  4. […] dan dilakukan dengan sepenuh hati.  Coba teman-teman simak tulisan yang satu ini … “TAK ADA JANJI-JANJI SURGA”.  Kalau bukan ditulis oleh seorang yang bermental baja.  Saya rasa tidak mungkin orang bisa […]

  5. chocoVanilla says:

    Untunglah kabar baik ya, Bundoo meski tetap harus berjuang dengan jarum 😀

  6. Cerita yang begitu transparan membungkus cemas hati agar tampak lebih semangat. Karena masih banyak sekeliling yang membutuhkan kasih dari sang pemungut semangat dalam sesuatu hal yang tak pernah pasti. Semangat, Bunda! Teruslah menulis. Dan saya seseorang yang senantiasa ingin mengikuti kisahmu 🙂

  7. subhanallah walhamdulillah..bunda bercerita tentang penyakit yang di derita, tapi gaya bahasanya…..
    tetap semangat Bunda. Allah bersama orang yang sabar.. (plus menyemangati diri)

    terima kasih banyak Ummu…

    untuk doa dan supportnya 🙂

  8. selalu ada rasa semangat dan keceriaan di setiap postingan Bunda. Semangat terus, ya, Bunda. Bener2 menginspirasi saya 🙂

    Alhamdulillah, kalau memang hal itu yg Myra rasakan

    yuuukk………..kita saling menyemangati dan saling mendoakan ,Myra 🙂
    ( peluk sayang)

    salam

  9. De says:

    salam kenal bunda.

    Kagum dan salut untuk bunda

    you’re a warrior!

    salam kenal juga De
    terimakasih utnuk kunjungan nya 🙂

    aamiin …….ya Rabb..

    salam

  10. applausr says:

    harus tetap ceria seperti biasanya.. maju terus bunda..

    heheheee……terimakasih banyak utk support darimu Rom
    yang gak pernah bosan menyemangati bunda 🙂

    semoga Rom dan keluarga selalu sehat, ceria dan sukses ,aamiin

    salam

  11. Budi Arnaya says:

    Mendengar cerita teman2 aku jadi kagum..bagaimana Bunda memasakkan mereka yang berkunjung sendiri…saya sempat marah sama Nchie..seharusnya kamu yang bantu masak..malah dimasakin…maunya nampang di foto terus…saya bilang demikian sama Nchie…

    Bunda semangat yach…saya masih kumpulkan rejeki buat nemuin Bunda nich…

    heheheee………………biasa biasa saja kok nak,
    malah kasihan Nchie, baru datang belum sempat duduk, sudah dapat perintah dari bunda untuk menyiapkan makanan yg sekedarnya diatas meja untuk sahabat2 blogger yg datang waktu itu.
    malahan, Nchie dan Orin, maksa untuk mencuci piring2 setelah nya 🙂

    bunda bangga banget sekaligus bahagia punya banyak anak2 yang penuh cinta , dan memberikan cinta dan atensinya untuk bunda.

    Baiklah, Budi sayang , bunda tunggu kedatanganmu dirumah ya nak 🙂

    ( peluk sayang dr jauh)

    salam

  12. vizon says:

    Bunda… mau nanyain dokternya masih single atau bukan, niatnya buat siapa? Buat Inon ya..? hahaha.. 😀

    Semangat terus Bunda, doa kami selalu untuk Bunda.. 🙂

    hahahaaa……….Inyiak setuju juga khan? kalau itu si dokter untuk menantu kita buat Inon 😀

    terimakasih banyak Nyiak untuk doa, atensi dan supportnya
    Salam hangat utk keluarga di Kweni
    Semoga selalu sehat ,aamiin

    Salam

  13. monda says:

    asyik…asyik…, nggak ada penyebaran baru ….., hajar terus mam…

    bantuin hajar juga dunks BunMon …..haahahaaa 😛

    ( hajar pake bor dan tang!!) 😛 😀

    salam

  14. niqué says:

    semoga tak ada penyebaran deh ya bun
    akan selalu berdoa untuk kesembuhan dan agar bunda diberi kekuatan yah

    mbok lain kali klo ketemu dokternya lagi, langsung tanyain bun, sapa tau aja masih single hehehe

    iya, alhamdulillah Nik, gak ada penyebaran kemana2 untuk saat ini
    mudah2an begitu terus ya, aamiin

    Terimakasih banyak Nik sayang utk doa, atensi dan supportnya

    semoga Nik sekeluarga juga selalu sehat ,aamiin

    (peluk sayang)

    heheheee….iyaya bener juga Nik……lain kali pasti langsung di interview lengkap sekalian ….hahahaa 😀 😀

    salam

  15. ka kak says:

    HyuuuuuuuQqq……….sing sing sooo……. Anggap aja visit dokter itu silahturrahmi….”̮ ƗƗɐƗƗɐ…ƗƗɐƗƗɐ…

    setujuuuuuu……….. 😛

    salam

  16. Mechta says:

    Bunda… tetep semangat ya… ah, mmg penting utk rutin cek kes itu ya… pdhl aku seringnya malah takut klo ketahuan sakit macem2… hm, hrs mulai merubah persepsi niih…

    iya Mechta ,
    insyaAllah bunda tetap semangat 🙂
    apalagi dapat support dr Mechta …….

    terimakasih banyak ya Mechta utk suntikan semangatnya 🙂
    Semoga Mechta juga selalu sehat ya ,aamiin

    Salam

  17. Pakde Cholik says:

    Kobarkan semangat perang terus mbak.
    Semoga mereka segera hengkang
    Jika Allah berkehendak tak ada yang bisa menghalangi upaya kita,bukan
    Salam sayang selalu

    ya Dheee…………….harus, kudu dan wajib semangat untuk memerangi si kanker bandel ini 🙂

    terimakasih banyak ya Dheee karena gak pernah bosan menyemangatiku 🙂

    Salam hangat utk keluarga di Galaxi
    Semoga selalu sehat ,aamiin

    Salam

  18. sebelumnya mohon maaf belum bisa nengokin nih. Rencana mau ikutan temen2 ke tempat bunda (jadi khan yah) ga bisa ikut karena lagi kurang sehat juga. Padahal udh lihat2 google maps jalan ke rumah bunda dari rumah saya. semoga Allah mengangkat penyakitnya…..aamiin…

    iya jadi, Necky 🙂
    nanti pasti ada waktu yg tepat untuk kita bisa ketemu sekalian silaturahim juga dgn sahabat2 yg lain ya Necky…

    duh, semoga segera sehat segar lagi seperti semula ya Necky 🙂

    aamiin ya Rabb………
    terimakasih banyak utk doa dan supportnya dan salam hangat untuk keluarga
    semoga selalu sehat ,aamiin

    Salam

  19. Imelda says:

    Bundaaaaaaaaaaaaaaa… peluk dulu
    semoga bunda tetap semangat ya.
    dan ya, aku juga bersyukur bahwa tidak ada “kemajuan” si kanker menyerang yang lain, dan berdoa semoga dia benar-benar enyah dari tubuh bunda.
    can’t wait to meet you!

    buru buru peluuuuk erat Mbak EM 🙂

    iya nih Mbak EM, bersyukur banget gak ada penyebaran kemana2 hingga saat ini 🙂
    terimakasih Mbak EM, krn gak pernah bosan utk terus menyemangatiku.

    samaaaa………..can’t wait to meet you too dear EM 🙂

    Salam hangat utk keluarga, semoga selalu sehat ,aamiin

    (peluk jauh)

    salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s