Cucumis Melo L

Apaan sih tuh?
Cucumis Melo L adalah si buah melon.
Selain mengkonsumsi jus wortel, apel dan tomat, aku juga selalu minum jus melon ini.
Kadang melon yang daging buahnya berwarna hijau keputihan, kadang juga yang berwarna agak orange gitu.

Ada cerita juga sedikit dibalik si melon ini.
Pak dokterku yang sudah meninggal dulu itu karena kanker limphoma, cerita, katanya setiap hari sang istri selalu membekali dirinya dengan jus melon.
Aku tanya :” Gak bosen dok, tiap hari minum jus melon?”
Pak dokter : ” Bosen sih pasti bu, tapi khan memang saya memerlukannya”
Aku : ” Saya juga mulai bosen nih dok, setiap hari minum jus tomat, wortel dan apel”
Pak dokter :” Nah, kalau begitu, ibu bisa coba nih si jus melon, tapi  jangan meninggalkan jus jus yang lain yang biasa ibu minum ya”
Lalu dia memberikan jus nya untukku.
Wuiiih……..enak, seger, mantaff………( ya iyalah enak, khan gratisan…….hehehee)
Istrinya pak dokter gak tau kalau jus yang dibikinnya untuk pak dokter, ternyata aku yang ngabisin …..hahahaaa………
( ini pak dokternya yang nakal, atau aku yang memang madatan sama yang gratisan yaaa……….heheheehee.)

Seperti biasa, aku selalu mencari tau, apa sih khasiat si melon ini untuk kami, para penyintas kanker?
Jreng jreeeeng…inilah yang aku temukan tentang manfaat si melon :

Melon memiliki manfaat penting bagi kesehatan.
Zat-zat gizi yang dikandungnya sangat baik untuk kulit, mata, syaraf, ginjal, serta mampu menjadi penangkal kanker.

Vitamin C dalam melon
Vitamin C dapat diandalkan sebagai antioksidan yang efektif untuk menangkal radikal bebas.
Vitamin C juga berkaitan dengan kolagen.
Kolagen adalah senyawa protein yang mempengaruhi struktur sel di semua jaringan ikat, seperti kulit.
Fungsi dari keberadaan kolagen yaitu dapat mempercepat penyembuhan luka dan menjaga kekencangan kulit.

Vitamin A dalam melon
Melon merah dan oranye mengandung senyawa karotenoid yang dapat melindungi sel tubuh dari radikal bebas dan juga bisa diubah menjadi vitamin A.
Jika tersedia cukup vitamin A, kulit dapat menjadi lembut dan lembab karena vitamin A dapat mempertahankan jaringan ari pada kulit agar tetap sehat.
Maka itu, sering-seringlah makan melon karena kulit tidak akan menjadi kasar dan kering.

Karetonoid dalam melon
Kadar karetonoid yang tinggi dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga menurunkan risiko kanker.
Karotenoid bersama vitamin E dan C berperan sebagai antioksidan untuk mencegah kanker paru-paru.

Vitamin B dalam melon
Melon juga mengandung vitamin B.
Vitamin B1 berperan dalam metabolisme karbohidrat untuk menghasilkan energi secara optimal.
Selain itu melon juga kaya vitamin B2, yakni riboflavin, dan niasin yang berperan menjaga kesehatan kulit, mata, dan syaraf serta pencernaan.

Mineral dalam melon
Melon juga kaya mineral.
Kalsiumnya membantu mencegah penggumpalan darah, mineralnya menghilangkan keasaman tubuh dan menyembuhkan sembelit.
Kadar air melon bisa mencapai 95 persen, sehingga memberi efek menyejukkan.
Karena itu, melon dapat meredakan panas dalam dan membersihkan ginjal dari sisa metabolisme.
Air berfungsi sebagai pelarut, bagian dari pelumas, pereaksi kimia, membantu mengatur suhu tubuh, serta memelihara bentuk serta susunan tubuh.
Melon mempunyai daya diuretik yang sangat baik, sehingga dapat mencegah penyakit ginjal.

Serat dalam melon
Manfaat serat di antaranya adalah mencegah terbentuknya senyawa karsinogenik (pemicu kanker), menurunkan kolesterol, mempermudah proses buang air besar, membantu penurunan berat badan, mengontrol gula darah, sehingga bermanfaat mencegah diabetes.

Itulah dia sekian banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi melon.
Yuk, hidup sehat dengan melon.

Advertisements

About fadecancer

I'm cancer survivor

4 responses »

  1. chocoVanilla says:

    Waaahh, ternyata banyak khasiatnya yaa. Sayangnya melon hanya sedap kalo dimakan dingin-dingin ya, Bun 😀

  2. prih says:

    Ikutan Uni ah menyantap melon, menyesap kasiatnya. Salam

  3. LJ says:

    makasi wat pak dokter (alm) yang sudah kasih semangat mamih wat minum jus.. lalu menulari kita semua buat rajin konsumsi jus buah dan sayur.. #meskipun Inon masih males tu mam.. 😛

  4. monda says:

    mam …, udah berapa kali ngabisin jus melon pak dokter?
    hi..hi…, mamih sukses bikin aku ngakak pagi2..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s