Kayaknya hampir semua orang dah tau deh, gimana rasa takut dan rasa rasa yang gak enak  lain yang dirasakan seorang penyintas kanker.
Misalnya takut mati ( padahal kematian itu pasti, dan bukan karena kanker, tapi memang umur kita saja yang sudah expired, ya gak sih? )
Aku juga setuju kalau kanker itu memang penyakit yang menakutkan, dan semua orang bisa memiliki risiko mengalaminya.
Tapi………….kalau hanya ketakutan terus menerus, si kanker benar benar akan menggerogoti kehidupan setiap hari.

Jadi……….hal hal dibawah inilah yang aku lakukan selama ini terhadap kankerku, supaya dia gak seenaknya “berkuasa penuh” pada tubuh dan pikiranku ( emangnya eikeh apaan…??beugh..)

1. Alihkan perhatian


Kalau terus-terusan memikirkan kanker, pasti rasanya malah pingin meraba kesana kemari buat menemukan benjolan benjolan di bagian tubuh.
Teruuuus………jadi terobsesi untuk mencari informasi tentang kanker sebanyak-banyaknya, dan mulai deh dicocok cocokin dengan gejala yang dirasakan.
Kalau kayak gini, khan jadinya malah mengada ada ……
dan, akibatnya kita malah tambah ketakutan gak puguh gituh….

Waspada memang perlu dan harus, dan melakukan pengecekan kesehatan secara teratur memang disarankan.
Tapiiii…..bukan berarti every minutes in our lives kita cuma mikirin si kanker teruuuusss….capeeek deh!!!

2. Bekerja sama dengan dokter


Penting banget untuk menemukan dokter yang dipercaya,
diskusikan dengan dokter, efek apa saja dari kanker yang mungkin terjadi nanti.
Kalau perlu, minta jadwal pemeriksaan yang teratur, ini juga jadi bikin kita merasa aman dan nyaman.
Pokoknya, setelah itu gak perlu lagi khawatir sampai lebay gitu
( ini beneran lho….aku bukan asal ngomong, karena aku ngalami sendiri semua prosesnya)

3. Bicarakan


Pastilah, begitu tau terdeteksi kanker, rasa panik, cemas, khawatir dan rasa rasa lain yang horor datang bertubi tubi………
Aneka rasa nano nano itu macam macam alasannya, bisa jadi karena takut akan kematian, atau panik dan deg deg an kalau nanti harus menjalani perawatan seperti radiasi, kemoterapi, atau operasi.
Belum lagi masalah biaya pengobatan, karena kanker itu beneran bikin kantong jadi kering….

Nah…. kalau memang ini yang terjadi, ayooo bicara, ngomoooongg……..speak up dear……jangan cuma dieeeem aja ( kayak aku dulu hehehe……… dan akhirnya jadi tambah susah sendiri yang akibatnya stadiumku jadi malah mentok jadi IV…hiks….hiks…)
Ceritakan pada keluarga , orang orang terdekat, sahabat, teman, kalau ada support group ,supaya mendapatkan dukungan sejak awal.

4. Cari bantuan psikolog


Cari bantuan ahli seperti psikolog, psikiater, atau terapis .
Dan, pastinya ini berguna banget buat menenangkan pikiran dan perasaan yang acak kadut gak karu karuan.
Karena keadaan psikis yang memburuk ( baca: down, denial, stress dll) malah bikin si kanker makin happy happy dan berkembang biak sak enake dewek.………
Membicarakan masalah psikologis kita pada ahlinya bisa bantu banyak banget,  dan bikin kita tenang dan gak ketakutan lebay lagi untuk menjalani segala macam terapi.
( jadi kita bisa  tambah yakin maju perang melawan kanker dengan gagah perkasa gitu lho…..)

5. Salurkan energi


Cemas dan rasa takut adalah salah satu bentuk energi.
Daripada energi ini cuma dipakai untuk memperburuk kondisi kita, mendingan disalurkan buat melindungi diri kita, ya gak?
misalnya nih ya, energinya dipakai buat olah raga, buat latihan yoga, buat latihan mind power dll dsb nya……..juga mulai makan menu menu sehat, tanpa pewarna, tanpa penyedap dan tanpa pengawet.
teruuuusss……………………banyakin juga konsumsi buah buah segar dan sayuran ijo royo royo…..

 

Itulah beberapa caraku untuk mengatasi ketakutan pada si kanker busuk ini.
Aku akui memang menjalankannya gak segampang seperti yang aku tulis disini, pastinya perlu proses, perlu waktu ( lama atau sebentarnya si proses ini tergantung dari pikiran positif kita juga sih)
Sekali lagi , waspada boleh dan harus……tapi ya jangan sampai kewaspadaan kita itu malah jadi bikin kita parno atau takut berlebihan sama si kanker busuk ini.

Akhirnya……kita sendirilah yang harus memotivasi diri untuk gak pernah patah semangat buat perang melawan si kanker busuk ini.
Walaupun tentu saja dukungan dari orang orang terdekat, sahabat dan kerabat juga sangat membantu banyak.
Aku sendiri sudah punya kuncinya ( hehehe…kayak soal ujian aja, pake ada kunci jawaban segala…) yaitu : ikhtiar, doa dan tawakal………

Karena aku yakin Allah swt pasti dan selalu memberikan yang terbaik untukku, aamiin……..

Yuuuks……………siap tempur lagi untuk menggempur si kanker busuk ini …….

Advertisements

About fadecancer

I'm cancer survivor

8 responses »

  1. applausr says:

    Bunda pasti menjalannya dengan baik… diriku percaya itu…

  2. Lyliana Thia says:

    Semangat selalu ya, Bunda… Energi positifnya luar biasa, makasih sudah menularkannya kpd kami.. 🙂

    Bun.. Apa kabar..?


    Alhamdulillah, Thia .kabar bunda (berusaha untuk) baik baik saja 🙂
    semoga Thia dan Vania juga selalu sehat ya
    (peluuukk..)

    Salam

  3. monda says:

    mamih mengatasinya dengan terus menulis blog dan buat buku…
    berjuang terus ya mam…, peluuk..

    hehehee….kan BunMon juga selalu mensupport mamih 🙂
    (peluuukkk.)

    salam

  4. Mengatasinya dengan salah satu melakukan aktifitas positif yang saling memberi motivasi ya Bun, bahwa hanya dengan keyakinan dan kekuatan doa lah semua akan berjalan dalam proses serperti air, dan kita tidak sendirian.

    Sukses dan semangat terus untuk bunda, terimkasih sudah berbagi hal positif bagi rekan-rekan penderita yang lainnya di forum artikel terhormat ini.

    Salam wisata

  5. ka kak says:

    TOP bgd my sist….. trs tebarkan semangat… luv u poll.

  6. dina says:

    semangat mbaaakkk… smangat buat kita smua…!!

  7. Bunda, sebuah jalan pikir yang positif sekali. Bisa diambil intinya untuk diterapkan dalam banyak hal.
    Semangat selalu, bunda. Miss you. Peluk bunda Lily.

  8. athikarodhya says:

    Reblogged this on Athika Rodhya and commented:
    NIce to read ^.^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s