Siapa yang mau stres? ???  Pastinya gak ada.
Tapi kadang stres datang menyerang tanpa dapat dihindari, terutama buat kita-kita yang kudu kerja keras membanting tulang, ( kok pake dibanting yaa……..),
memeras keringat demi sesuap nasi,  ( hihihi….kayak cucian aja pake diperas segala…..)
sak truk obat , ( mau buka apotik buuukk…..??)
dan segenggam berlian ( wow, idaman setiap wanita, ancaman bagi tiap pria……..hahahaaa…..)

Semakin keras kita bekerja, semakin tinggi tingkat stres.
Dan………stress salah satu pencetus kanker juga.
Banyak cara buat mengurangi stres.
Mulai dari jalan-jalan ke puncak gunung atau ke dasar laut, cuci mata di mal atau ngopi di kafe sambil mendengarkan musik.
Atau ……………….beryogaria, yuuuukk……

Yoga? Mungkin ada yang mengkerutkan kening.
Langsung deh kebayang orang berdiri dengan satu kaki sementara kaki yang lainnya terayun ke belakang, badan membungkuk, tangan mengembang ke dua sisi, atau berdiri dengan kepala di bawah dan kaki tegak lurus ke atas.
Dan gerakan-gerakan lain yang aneh dan hanya cocok buat diperagakan dalam pertunjukan sirkus.

Mungkin juga ada yang sebetulnya penasaran dengan yoga, latihan mental dan fisik asal India 3.000 tahun silam yang kini ngetrend di kalangan kaum urbanis.
Mungkin ada keinginan untuk ikut latihan yoga yang diselenggarakan hampir di setiap pusat kebugaran yang menjamur di kota-kota besar, tetapi banyak yang gak punya waktu untuk mengikutinya.

Sebenarnya Yoga banyak macamnya.
Memang ada yang gerakannya sulit dan tampak mustahil, tapi ada juga yang relatif lebih mudah.
Bahkan ada yang gampang sekali dan bisa dilakukan dalam waktu singkat .
Nah, jenis yoga seperti inilah yang biasa aku latih untuk memenej stress ku.
Jadi gak perlu latihan kayak pemain sirkus yang handal gitu.
Apalagi sekarang buatku sudah gak mungkin latihan ( baca: olahraga) yang berat berat, terutama di bagian kaki yang makin lama makin terseok gitu.

Nggak perlu yoga mat, bisa dilakukan sambil duduk.
Beberapa menit cukup.
Gerakan gerakannya juga gampang.
Nih contohnya :
duduk tegak, ulurkan ke dua tangan ke depan setinggi bahu, tangan mengepal dengan ibu jari dalam genggaman dan telunjuk keluar.
Lalu dengan dipandu telunjuk itu, pelahan-lahan putar pergelangan tangan ke segala penjuru.

Nih satu lagi contoh nya :
Ada juga gerakan memutar bahu.
Caranya, duduk tegak, tangan kanan memegang pundak kanan, tangan kiri memegang pundak kiri.
Lalu putar ke depan dan ke belakang.
Memutar leher bagus untuk rileks.
Pejamkan mata dan putar leher perlahan-lahan.
Jangan terlalu cepat, ntar  malah pusing kliyengan…………………..

Selain itu boleh juga dicoba gerakan yang kayak ini:
taruh kedua tangan di belakang kepala, lalu tekan kepala ke depan sementara badan tetap tegak sambil duduk di kursi.
Gerakan-gerakan dalam yoga ini dijamin tidak susah dan sangat baik bagi kesehatan fisik dan mental.
Apalagi kalau ditambah dengan latihan nafas.
Satu hal penting yang perlu diperhatikan, latihan ini harus dilakukan secara teratur.
Nah… bagaimana bisa berlatih dengan teratur, itulah tantangannya……………….

Buat yang serius ingin belajar, datang saja ke Jawaharlal Nehru Cultural Center, Pusat Kebudayaan India, Jl. Imam Bonjol 32, Jakarta Selatan, telp. (021) 3155120.
Atau bisa juga beli buku yang ditulis Ravi, judulnya Basic Yoga, An Action in Relaxation.
Bukunya tipis,  full color, harganya Rp 100.000,  mahal ya untuk ukuran buku setipis itu.
Tapi cukup murah kalau mengingat manfaatnya………. ya gak sih??

 

 

Advertisements

About fadecancer

I'm cancer survivor

7 responses »

  1. Mechta says:

    Terimakasih contoh2 gerakannya, Bunda… langsung dicobain nih..hehe… oya, 1 gerakan berapa lama Bun? (hitungan / waktu?)

    sama2 , terimakasih juga Mechta 🙂

    gampang khan ya…. hehehe….

    bunda sendiri melakukannya dengan 6 sampai 10 hitungan utk setiap gerakan Mechta 🙂
    salam

  2. Imelda says:

    wah aku belum pernah coba tuh. Paling ngga bisa juga disuruh semedi 😀
    Ingin coba juga sih… konon yoga juga bisa untuk diet 😀

    kalau yoga yang bunda jalanin ini, memang gampang banget Mbak EM gerakan2nya ,
    karena disesuaikan dgn kondisi fisik (baca:kaki) bunda saat ini 🙂

    oh iya, bener tuh, yogi nya juga bilang, ada yoga khusus untuk diet
    tapi bunda gak tau yg kayak apa dan gimana gerakannya …hehehe. 🙂

    salam

  3. LJ says:

    eMak belom pernah nyobain yoga.. jika tyt bisa dgn gerakan sederhana, ntar eMak cobain deh..

    makasi sharingnya ya mam..

    iya bener Mak, cobain deh …..tiap gerakan ,bunda jalanin dgn 6 sd 10 hitungan , gituh 🙂
    lumayan enakan Mak…..gampang dan asik , tapi tetep capek …hedeh ..

    salam

  4. alaika says:

    Dari dulu udh pengen banget belajar Yoga, Bund, cuma mikirnya, pasti Yoga tuh sulit banget gerakan2nya. Ternyata ada yang mudah juga yaaa. 🙂

    Apa kabar nih Bunda sayang? Al belum jadi2 nih mau nginep di rumah Bunda. Mudah2an sebelum Intan balik ke Aceh, bisa main lagi ke rumah Bunda deh yaaa. #Janji2Mulu! Huuuu. 😀

    memang ada macem2 AL, gerakan yoga dr mulai yg paling mudah ( kayak yg bunda jalanin) sampai yang paling sulit ( yg utk expert en kayak pemain akrobat gituh deh ….hehehe) 😀 😀
    Hayuk atuh, mangga dicobian neng geulis 🙂

    Alhamdulillah, kabar bunda baik2 aja say…
    Semoga AL juga selalu sehat ya , aamiin

    gak apa apa Al, nanti satu saat insyaAllah janji2 itu semua bisa terlaksana dengan izin Allah swt ,aamiin 🙂

    #pelukrindu#

    salam

  5. monda says:

    papa dulu punya buku Yoga Asanas, ngelihat posisi yoganya sulit2..
    jadi aku punya persepsi yoga itu beda tipis sama akrobat he..he..

    iya bener BunMon
    dulu juga mamih mikirnya gitu…… pasti susah dan gak mungkin bisa deh
    Etapi…..ternyata salah, yoga tuh ada yg gerakan2nya mudah banget dan bisa dilakukan dimanapun 🙂

    salam

  6. Belajar Yoga biar sehat dan tidak setres…….

    Salam wisata

    setuju ,Indra
    karena kalau sudah sakit, pastinya gak enak tenan 😦

    salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s