Kita, orang Indonesia, paling suka bikin singkatan.
Semuanya disingkat, sampai-sampai orang jadi bingung.
Mendiknas, Menperindag, parpol, balon (bakal calon), kompol (komisaris polisi), bonyok (bokap nyokap), siskamling dan…. surtaling (kasur bantal guling).
Pokoknya adaaaa aja……………..kata kata yang dibikin singkatan
Kalau MADU apa hayo singkatannya ?? Mata duitaaan….hehehe………

Sebaliknya, kita juga bisa memanjangkan kata.
Salah satunya, yang paling populer adalah kanker = kantong kering.
Memang semua penyakit bisa bikin kantong kering kalau tak kunjung sembuh.
Tapi obat obatan buat penyakit yang satu ini memang keterlaluan mahalnya…..( aaarrrgghh………...)
Para penyintas mesti bersyukur karena ada Yayasan Kanker Indonesia (YKI) yang menjual obat dengan harga subsidi.

Misalnya, Zometa yang di apotik di RS  harganya Rp 4.397.250 dapat diperoleh dengan harga Rp 3.869.580 di YKI.
Harga pasar memang jauh lebih tinggi karena mengacu pada HET alias Harga Eceran Tertinggi yang ditentukan pemerintah.
HET untuk Zometa adalah Rp 4.188.000.
Menurut Keputusan Menteri Kesehatan No 069/Menkes/SK/II/2006, harga eceran tertinggi wajib dicantumkan pada kemasan obat untuk menginformasikan harga obat yang transparan kepada masyarakat.
HET ini sudah termasuk harga dasar, pajak pertambahan nilai, dan profit margin bagi apotek sebesar 25 persen.

“Kemarin ada pasien meninggal. Ia masih punya Aromasin 10 tablet dan dapat dibeli dengan harga sangat murah,” kata mbak yang melayaniku di YKI.
Oh ya? Terima kasih, mbak.
Sedih juga mendengar ada pasien yang meninggal karena minum Aromasin.
Tapi bukan begituuuuuuuu…. Salah logikanyaaaaaaaaaaa………. (tolong dibetulkan !!!!).

Lalu terbayang harga “sangat murah”.
Mungkin separo harga, atau kurang dari itu? Ah salah lagi.
Ternyata Rp 50 ribu. Lumayan dong, hemat Rp 77.000, bisa buat beli pizza… yummy…

Advertisements

About fadecancer

I'm cancer survivor

4 responses »

  1. Failasufah says:

    Mbak… tolong kalo boleh saya minta alamat emailnya… please…

  2. Harga obatnya mahal banget ya Bun, ternyata sehat itu melebihi segalanya. Tapi dengan singkatan MADU aku baru tahu kali ini Bun. ha,,,,,,,x9

    Salam wisata

    iya, bunda selalu berdoa semoga satu saat nanti, entah kapan, ada obat yang murah meriah untuk membasmi si kanker busuk ini

    hehehee….itu mah singkatan yang bikin bunda sendiri ……. 😀 😀
    ( ngarangdotcom)

    salam

  3. applausr says:

    widh mahal banget ya.. nah obat itu harus diminum seberapa rutin tuh… memang orang kita pintar sekali menyingkat nyingkat dan buat buat istilah.

    iya Rom, memang belum ada yang murah obatnya 😦

    ya bermacam2, ada yang sekali sehari, dan ada juga yg 3x sehari
    namun, ada juga yang disuntikkan atau di infus utk sebulan sekali
    seperti si Zometa itu , cukup sebulan sekali saja, tapi harganya memang bikin kanker ( = kantong kering) beneran ….hehehe 😛

    salam

  4. Imelda says:

    duh bunda…. elus dada lihat harga-harganya 😦

    omong-omong soal singkatan aku pernah bengong waktu ada seorang teman pria bilang padaku: “oooh si X itu (cewe) dia kan BISU”… lah kok bisa bisu… ternyata itu singkatan dari Biang Susu hahaha (gede maksudnya)

    jadi sesak nafas denger harganya ya Mbak EM 😦
    tapi gimana lagi dooong?
    memang belum ada yang harganya murah meriah siiihh…..hiks 😥

    hahahaha…..ada adaaaa aja ide orang utk bikin singkatan2 yaa…….. 😀 😀

    salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s