Sebagai seorang penyintas kanker, tentunya tahu dengan pasti, apapun terapi yang dilakukan untuk menuju kesembuhan akan selalu ada efeknya.
Seperti misalnya pengobatan kemoterapi, radiasi maupun operasi, gak jarang memberikan efek buruk bagi si penyintas.

Seperti misalnya rasa mual, sakit, dan kelelahan setelah terapi bisa bikin penyintas kanker merasa gak nyaman dan kesakitan.
Jadi, ada juga beberapa penyintas yang memilih untuk menghindari terapi, akibatnya pengobatan kanker menjadi tidak efektif ( berani en nekat yaaa………………..hiiiiiiii…….)

Aku bersama dengan beberapa sahabat di support group melakukan beberapa cara untuk meminimalisir efek efek yang gak oke tersebut, seperti dibawah ini :

Mual


Kemoterapi dan radiasi adalah terapi yang paling sering menyebabkan mual dan muntah.
Biarpun dokter dah bikin resep dan menyuruh meminum obat anti mual, penyintas kanker cenderung mengalami muntah dan mual lima kali lebih parah daripada yang tidak.
Selain semangat dari dalam diri sendiri, makanan juga ada pengaruhnya lho.
Bagusnya sih hindari makanan gorengan, berminyak, asin atau pedas sebelum menjalani kemoterapi atau radiasi.

Kelelahan


Rasa lemas atau kelelahan pastinya dialami oleh penyintas kanker yang mendapat perawatan kemoterapi dan radiasi.
Kebanyakan penyintas masih sering kembali bekerja seperti biasa setelah menjalani terapi.
Padahal, mereka seharusnya melakukan pekerjaan dengan beban yang lebih ringan, menjaga gizi dan pola makan, olahraga secara teratur, serta cepat istirahat jika merasa lelah.( jangan maksain diri gitu deh maksudnya ……)

Pak/Bu dokter biasanya menyarankan pasien untuk mengkonsumsi antidepresan SSRI (selective serotonin re-uptake inhibitors).
SSRI ini gunanya untuk mengurangi rasa lelah dan menurunkan depresi.

Rambut rontok


Kemoterapi dan radiasi ini yang bikin rontok rambut para penyintas .
Efek obat yang kuat menghancurkan akar rambut dan menyebabkan rontok bahkan sampai menjadi botak.
Biasanya rambut-rambut itu akan tumbuh lagi dalam waktu 10 bulan kemudian setelah perawatan/terapi berakhir.

Eh, tapi..Alhamdulillah, rambutku sekarang biarpun masih pendek tapi jadi tambah tebal lho…….( nampang nih…….hehehe)
Ada juga penyintas kanker yang sengaja mencukur habis sampai botak rambutnya sebelum terapi.
Dan, ada lagi yang sengaja membiarkan rambut rambut itu rontok sendiri secara alami, terus kalau sudah botak, mereka biasanya pakai topi atau wig….. ( jadi keren khaan??)

Diare


Obat kemoterapi dan radiasi yang sangat kuat sering bikin diare.
Nah, ini dia yang aku bilang si Mr. Jackpot…hehehe……
Sebaiknya sih penyintas kanker makan makanan yang gampang dicerna seperti bubur atau pisang. ( karena aku gak suka pisang, jadi diganti dengan semangka).
Juga banyak minum air putih, biar gak dehidrasi gitu.
Kalau si Mr. Jackpot ini sedang mertamu, aku biasa nya stop dulu makan sayuran dan jus jus an, karena bisa bisa makin rajin dong ke toilet ( lagi lagi jadi toilet lover…..enggak banget yaaa…..hiks)

Kuku dan kulit kering


Efek terakhir yang juga sering dialami oleh para penyintas kanker setelah terapi adalah perubahan yang terjadi pada kuku dan kulit.
Walaupun gak semua sih mengalami hal ini, karena kadang efeknya gak selalu sama pada tiap penyintas.

Kulit akan menjadi sangat kering dan gatal.
Warnanya juga kadang berubah menjadi merah gelap.
Ini bisa diatasi dengan memakai losion pelembab kulit sesering mungkin

( kulitnya jadi tambah halus khan?? just like a princess.….hehehehee….ge er dot com)
Semoga bermanfaat………………

 

Advertisements

About fadecancer

I'm cancer survivor

3 responses »

  1. deasy says:

    bunda….bener sekali….tiap terapi ada efeknya….kmrn aja waktu saya harus kemo…efek yg dasyat ya rambut rontok…untuk mual,,,alhamdulillah dokter kasi obat anti mual tapi akhirnya tumbeng juga di kemo 4-6, muntah terus…kuku saya tidak menghitam tetapi melainkan bermotif seperti zebra, belang2 dikukunya…saya bukannya diare malah yg ada susah untuk BAB hehehhe…dan sekarang saya lagi cari info nih efek dari radioterapi…kamis besok saya harus sinar sebanyak 30x

    Mari kita semangat bun….melawan kanker ini…

    Ya bener Deasy, efeknya selalu berbeda pada tiap pasien.
    Dan, bunda senang sekaligus bahagia mendengar Deasy tetap semangat melawan si kanker busuk ini 🙂

    bulan oktober tahun lalu, bunda terapi radiasi 28x…
    efek yang didapat hampir sama dengan kemo juga ternyata tuh ,Deasy
    bunda mengalami mual(baca:muntah) + diare juga kelelahan yg sangat luar biasa.
    Tapi…………….alhamdulillah, semua akhirnya bisa terlewati dengan baik 🙂

    Yuuuk….kita selalu saling mendoakan utk selalu semangat ya Deasy sayang 🙂

    ( peluk erat)
    salam

  2. Evi says:

    Terimakasih informasi nya Bun. Tiap baca posting Bunda disini pengetahuan ku soal kanker dan perawatannya bertambah. Selamat hari Jumat Bunda 🙂

    Alhamdulillah, Vi kalau memang ada yang bermanfaat dari tulisan2 yg ada disini 🙂

    selamat hari jum’at juga
    selalu sehat ya Vi
    salam hangat untuk keluarga 🙂

    salam

  3. Itu semua efek dari terapi penyembuhan dari cancer ya Bun. Tapi yang terpenting kita masih bisa berbagi dan memberikan motivasi semangat, bahwa tidak ada satu penyakitpun yang tiada obatnya. Apalagi bila kita bisa melakukan bersama seiring berjalan antara pengobatan dan terapi medis yang didorong dengan kekuatan doa.

    Terimakasih Bunda telah berbagi, dalam setiap nafas yang teriring dengan doa, akan membuahkan hasil nyata dalam setiap reaksi dalam tubuh kita untuk dapat mengatakan bahwa semua ini merupakan proses menuju jalan terbaik yang Tuhan berikan kepada diri kita.

    Salam wisata

    Iya bener Indra, setiap terapi memang selalu ada efek sampingnya
    dan, selalu berbeda juga efeknya pada setiap pasien

    terimakasih banyak ya Indra yang gak pernah bosan mengunjungi bunda serta memberikan support serta doa 🙂
    Semoga Indra dan keluarga selalu sehat ya,aamiin

    salam hangat untuk keluarga

    salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s