Strategi, adalah cara yang tepat untuk mencapai target yang kita inginkan, dan hal ini juga berlaku saat berperang melawan si kanker busuk ini.
Dengan menjalankan strategi yang well prepared, insyaAllah hasil kemenangan akan didapatkan.

Inilah beberapa strategi yang aku lakukan dalam peperangan melawan si kanker busuk ini:

1. Komitmen total untuk memerangi penyakit kanker
2. Dapatkan petunjuk/saran dari medical practitioner yang dapat di percaya.
3. Disiplin tinggi dalam menjalankan berbagai pengobatan ( meskipun melelahkan badan dan kantong, hehehe….)
4. Pola makan yang benar (sehat)
5. Hidup bebas stress.

1. Komitmen total untuk memerangi kanker.

Ketika kita berpikir tentang perang, yang muncul langsung dalam pikiran kita adalah persiapan persenjataan dan koordinasi yang tinggi, agar mencapai kemenangan. Atau kita akan berusaha habis habisan hingga titik darah penghabisan, pokoknya pantang menyerah, ya gak?
Begitu juga dalam memerangi kanker, segala upaya dilakukan misalnya melalui pembedahan, radioterapi, kemoterapi, dll.

2. Dapatkan petunjuk/saran dari medical practitioner yang dapat di percaya.

Yang mungkin sudah diketahui, dokter memberikan/memiliki  beberapa pilihan :
a. Operasi/pembedahan yaitu memotong dan mengangkat organ/jaringan yang terkena kanker.

b. Radioterapi/Penyinaran yaitu menggunakan sinar yang berenergi tinggi untuk menghanguskan dan membunuh jaringan disekitarnya.

c. Kemoterapi yaitu menyuntikan obat kimia dengan harapan membunuh sel-sel kanker. Sayangnya cara ini juga dapat membunuh sel-sel yang masih normal dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Jika semuanya ini gagal, dokter angkat tangan dan menyerah.
Artinya, sudah sampai di jalan buntu…………… ( hiii…..kok horor yaa………..)
Dokter memulangkan anda ke rumah dengan menyediakan persediaan obat yang cukup, yaitu pembunuh rasa sakit atau morphine ( pain killer) .
Anda siap untuk menuju kematian.
Mereka menyebutnya management palliative (pengobatan mengurangi rasa sakit).

3. Disiplin tinggi dalam menjalani berbagai macam pengobatan

Pengobatan kanker sangat memerlukan disiplin tinggi, penyintas harus memaksakan diri untuk sabar dan tegar dalam menjalani berbagai pengobatan dengan berbagai efek samping, yang seringnya tidak mengenakkan, misalnya; rasa lelah , bosan, capek, diare, mual, kerontokan rambut, kulit yang mengering dan menghitam, susah tidur dll.

Terus menyemangati diri dan yakin, bahwa pengobatan yang dijalani, satu saat pasti akan kelihatan hasilnya, adalah salah satu kiat yang aku jalani selama hidup bersama si kanker busuk ini .
Walaupun babak belur, namun semangat harus terus dipompa sederas deras nya……….dan, tanpa henti dibarengi dengan doa.

4. Pola Makan yang benar ( sehat )

Apakah ada sejenis nutrisi khusus yang dianjurkan kepada penyintas kanker untuk harus di konsumsi?
Tidak ada makanan khusus yang harus dikonsumsi.
Masak dan sediakan makanan rumahan. Hindari makan di luar.
Orang yang suka makan di luar, mungkin akan depresi dengan hal ini.
Makanlah makanan yang dimasak di rumah sendiri jika ingin menang dalam peperangan terhadap kanker.
Alasannya sangat sederhana, makanan yang diperoleh dari luar, tidak kita ketahui apa yang terkandung di dalam makanan tersebut; seperti minyak, garam, penyedap rasa, dan bahan tambahan lainnya.
Kita membutuhkan kehidupan dan bukan makanan untuk kematian.

Hindari gorengan dan makanan yang mengandung banyak lemak.
Termasuk mentega/margarine, karena tidak baik untuk organ hati.
Jika harus menggunakan minyak, gunakan minyak zaitun.
Catatan: gula yang berwarna terlalu putih tidak bagus.

Kurangi mengkonsumsi daging.
Terkadang menjadi sebuah pertanyaan, dimana saya memperoleh protein?
Jawabannya sederhana, yaitu dari kacang-kacangan, gandum, dll.

Banyak mengkonsumsi sayuran, khususnya yang berwarna hijau.
Untuk memperoleh nutrisi yang beranekaragam, konsumsilah berbagai jenis buah-buahan, kacang-kacangan dan sayur-sayuran.
Sedapat mungkin, makan sayuran mentah atau dimasak tapi jangan terlalu lama.

Minum jus buah-buahan dan sayur-sayuran segar.
Mencuci seluruh bagian dalam tubuh (inner body) dengan cairan kehidupan, artinya kita  butuh minum berbagai macam jenis jus.
Misalnya wortel, seledri dan jus apel dll.
Catatan: hanya satu gelas tidaklah cukup!

Konsumsi banyak buah-buahan segar, kalau hanya sepotong atau dua potong, bukan makan buah!
Hindari semua jenis makanan yang dikalengkan.
Hentikan itu semua! …………………………Karena itu hanya akan membunuh diri Anda.
Segera lakukan pola makan seperti itu.
Jangan tunda lagi dengan berbagai macam alasan, untuk mencari pembenaran dari pemuasan nafsu selera makan………………

5. Hiduplah Tanpa Stress

Secara ringkas mengenai Hidup Sehat, pepatah cina mengatakan:
“untuk umur panjang, lakukan sesuatu tidak berlebihan, dan hidup bebas stress.”

“Kemarahan membangkitkan chi (energi hidup), Kegembiraan merelaksasi chi, Sedih berkepanjangan menghabiskan chi, Kegelisahan membingungkan chi, Ketakutan menyebabkan gangguan pada chi dan Kekhawatiran menyebabkan chi berhenti (stagnan)”

Tubuh yang sakit perlu untuk membangun dirinya kembali.
Sistem kekebalan tubuh diperlukan untuk  melawan sel-sel kanker.

Oleh karena itu lestarikan chi ( energi hidup) dan tidak mencelakai dan membuangnya secara sia-sia.

Semoga bermanfaat……………

Advertisements

About fadecancer

I'm cancer survivor

7 responses »

  1. yayats38 says:

    Lama gak jalan-jalan .. saya baca beberapa artikel Bunda .. luar biasa perjuangannya.
    Untuk artikel yang 1 ini terima kasih atas tipsnya. Saya coba sejak kena vertigo 2 bulan yang lalu saya coba berhenti merokok dan makan dipenuhi sayuran dan buah. Alhamdulillah agak ringanan nih Bun.
    Makasih.
    Salam hangat selalu 🙂


    Terimakasih banyak Kang untuk selalu mendoakan dan menyemangati bunda 🙂

    semoga segera terbebas dr si vertigo jelek itu ya Kang ,aamiin

    waaah…hebat euy Kang Yayat….
    jadi…dah pensiun dong ya dr group al hisab asbakul korimah…. hahaha 🙂
    seribu jempol buat Kang Yayat
    salam hangat utk keluarga di Ploso, semoga selalu sehat

    Salam

  2. intan rawit says:

    wow horor juga ya, secara kanker bisa menghantui siapa saja tanpa pandang bulu.
    Baiklah akan saya kurangi jajan di luar…banyak makan buah…daaaaannn minum jus sayuran..ini pasti akan berat banget..hehe..trims sharingnya ya mb 🙂

    sama2, terimakasih juga
    semoga ada yang bermanfaat 🙂

    salam

  3. monda says:

    Reblogged this on Kisahku and commented:
    Penyakit tidak pilih sasaran, mungkin suatu saat saya atau anda bisa terkena. Tapi, mungkin saja ada kiat kiat khusus untuk menghindarinya, misalnya hidup lebih sehat. Yuk simak pendapat bunda Lily, seorang penyitas kanker yang kuat dan tabah.

    terimakasih banyak BunMon untuk apresiasinya…. 🙂

    #pelukrindu#

    salam

  4. LJ says:

    tuh mak, dengerin.. klo makan sepotong dua potong itu belum makan buah namanya..!

    iya mam, entar emak bikin jus satu gelas guede.. biar sehat..!
    peluk always.

    nanti eMak kalau ke japos lagi,
    dibikinin macem2 jus , gak cuma tomat dowang …. hahaha 😀

    #peluktjium#

    Salam

    • monda says:

      mam aku masih suka jajan ke mana2 nih, makan sayurnya juga masih dikit… minum jus masih pake susu
      he..he … nggak sehat banget ya

      sama kayak eMak, BunMon juga kayaknya kudu dibuatin jus sak gelas guede sama mamih nih …. hahaha 😀 😀
      #pelukrindu#

      Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s